Pengaruh Metode Drill dengan Teknik Hitung Trachtenberg terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Galuh Wilujeng Pravitasari, Dahlia Novarianing Asri, Pinkan Amita Tri Prasasti

Abstract


Pengaruh metode drill dengan teknik hitung Trachtenberg terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 4 SDN 02 Pandean tahun ajaran 2022/2023 merupakan tujuan penelitian kali ini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu quasi eksperimen dengan tipe prettest-posttest control group design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Rancangan Pembelajaran (RPP), butir soal dan kisi-kisi soal. Teknik Analisis yang digunakan yaitu 1) uji kelayakan soal penelitian melalui uji validitas dan uji reliabilitas. 2) Uji prasyarat Analisis melalui Uji normalitas, Uji homogenitas, Uji tingkat kesukaran, Uji daya beda, dan uji hipotesis. Teknik analisis ini digunakan untuk menunjukkan apakah ada pengaruh hasil belajar matematika siswa setelah menerapkan metode drill teknik hitung Trachtenberg. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa terdapat pengaruh metode drill teknik hitung Trachtenberg terhadap hasil belajar siswa pada materi perkalian. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan skor sebelum dan sesudah tes. Selanjutnya berdasarkan hasil uji normalitas dapat disimpulkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Uji homogenitas menunjukkan bahwa hasil uji keseragaman diterima. Berdasarkan kedua data tersebut maka tabel t hitung > t berarti kelas eksperimen diterima. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode drill teknik hitung Trachtenberg lebih efektif daripada pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah saja

Keywords


Metode Drill; Teknik Hitung Trachtenberg; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arrias, J. C., Alvarado, D., & Calderón, M. (2019). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran Matematika Materi Penaksiran Pada Kelas IV MI Nuris Sulakdoro Wuluhan Jember (hal. 5–10).

Helvina Raf. (2020). Pengaruh Pembelajaran Aktif Dengan Tranchtenberg Terhadap Kemampuan Berhitung.

Heriyati, Munasiah, & Nengsih, R. (2019). Sosialisasi Penggunaan Metode Hitung Trachternberg. Simposium Nasional Ilmiah dengan Tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah melalui Hasil Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat, November, 1156–1163. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.396

Kosanke, R. M. (2019). Penerapan Metode Drill Dengan Teknik Hitung Trachtenberg Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Perkalian Bilangan Bulat Di kelas IV SD Negeri 238 Kampung Pinang.

Putra, A. A. (2011). Pemantapan Operasi Hitung Murid Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Metode Trachtenberg Di SD Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok. 59–66.

Rahmawati, T. A. (2018). Analisis Metode Drill Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 3 Di SDN 1 Moyoketen Kecamatan Boyolangu. 04(2), 87–96.

Rohaimis. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP dengan Menerapkan Metode IMPROVE. In Pendidikan (Vol. 4, Nomor 1, hal. 779–787).

Setiyawan, Y. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat Melalui Penerapan Metode Drill Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Limbung Puteri Kec. Bajeng Kab. Gowa. 1–14.

Ummu Atiah, 2019. (n.d.). Penerapan Metode Drill dengan Teknik Hitung Trachtenberg untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Perkalian Bilangan Bulat di Kelas IV SDN 122 Sayur Maincat Kec. Hutabargot. 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.