Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD Negeri Kare 02

Yurika Ayu Anggraeni, Candra Dewi, Heny Kusuma Widyaningrum

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menggali pemikiran kritis siswa dalam pembelajaran berbasis tema, khususnya siswa kelas 4 di sekolah SDN Kare 02. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan tes. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah, wali kelas kelas IV dan 5 siswa peserta penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa berpikir kritis siswa dalam pembelajaran berbasis tematik dinilai lemah, setiap siswa berpartisipasi dalam proses pembelajaran secara berbeda. Oleh karena itu, guru harus memilih metode, teknik, dan bahan yang tepat dalam proses pengajaran. Berpikir kritis siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain faktor internal (kondisi siswa), faktor eksternal (kondisi lingkungan belajar) dan faktor gaya belajar yang dibutuhkan untuk kegiatan belajar mengajar

Keywords


Analisis; Berpikir Kritis; Pembelajaran Tematik

Full Text:

PDF

References


Agustina dkk. (2019). Pengaruh model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa.

Arikunto.2020. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Prof, Dr. Suharsimi (2019). Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Jakarta. PT Bumi Astra

Afandi,Muhamad. 2019. Problematika Guru Dalam Menerapkan Pendekatan Saintifik Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Qomar Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI. Vol.5 No. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/331

Bina Mitra Pembedayaan Madrasah. 2021. Panduan Pembelajaran.Departemen agama RI: Majelis Pertimbangan dan Pemberdayaan Pendidikan Agama dan Keagamaan MP3A

Darmadi, Hamid. 2022. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. 2020. Pembelajaran Tematik Terpadu Terintegrasi Kurikulum Yogyakarta:Gava Media.

Departemen Agama RI. 2020. Al-Quran dan Terjemahanya. Bandung: Diponegoro.

Dewi, Dewa Ayu D, R. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berfikir Kritis siswa pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Pembelajaran Tematik.

Dharma, Surya. 2021. Pendekatan, Jenis, dan Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fisher Alec. 2019. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar.Jakarta: Erlaangga.

Ismail, Fajri. 2019. Evaluasi Pendidikan. Palembang: Tunas Gemilang.

Kesuma. 2020. Contextual Teaching and Learning. Yogyakarta:Rahayasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.