Pembangunan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah di SDN 01 Tawangerjo Kelas 3

Nora Ahlan Fitria, Sri Lestari, Suyanti Suyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana karakter siswa dibentuk melalui budaya sekolah di SDN 01 Tawangrejo. Data dikumpulkan melalui wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa karakter siswa kelas tiga di SDN 01 Tawangrejo terbentuk melalui empat budaya yaitu pertama, kegiatan berkelanjutan dan konsisten oleh siswa; kedua, aktivitas spontan siswa; ketiga, contoh dari guru dan siswa; dan keempat, kondisi yang mendukung pembentukan karakter. Hasil observasi di SDN 01 Tawangrejo menggambarkan sekolah sebagai pionir pendidikan berkualitas dengan fokus pada pembentukan karakter unggul. Melalui pendekatan holistik, penanaman nilai-nilai, dan kolaborasi dengan orang tua, sekolah ini berhasil menciptakan siswa yang berakhlak mulia, cerdas, dan berkompeten.


Keywords


Pendidikan Karakter; Karakter Siswa; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Aruni, F., & Faisal, F. (2021). Efektivitas Kebijakan Sertifikasi Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 42–48. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1976

Eva, M. (2016). Pengembangan Budaya Sekolah. Tarbawi, 2(02), 86–96. https://media.neliti.com/media/publications/publications/256481-pengembangan-budaya-sekolah-1bf3dd81.pdf

Mahardika, I. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Sikap Nasionalisme Mahasiswa di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Primagraha. Jurnal Pelita Bumi Pertiwi, 02(02), 8–16.

Mawardi, & Indayani, S. (2020). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa Kelas 5 SD Negeri 6 Subulussalam Kota Subulussalam. Jihafas, 3(2), 14–29.

Miftah Nurul Annisa, A. W. (2020). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI ZAMAN SERBA DIGITAL. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Nono, I. (2019). Peran Komite Sekolah dalam Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Pendidikan di Sekolah Dasar Swasta Suster Kecamatan Singkawang Barat. Admiistrasi Pendidikan, 1–17. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/31944/75676580534 diakses pada 19 April 2022

Prasetyo, D., & Marzuki, M. (2020). Pembinaan Karakter Melalui Implementasi Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Madrasah, 12(1), 14–28. https://doi.org/10.18860/mad.v12i1.7404

Robiatul Adawiyah, Yunus Setyo Wibowo, & Yuyun Kartika. (2017). Pendidikan yang berdaya saing. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Untirta, 325–332.

Suriadi, S. (2020). School Culture in Instilling Religious Character of Madrasah Tsanawiyah. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 15(1), 163. https://doi.org/10.21043/edukasia.v15i1.6442

Sutini, A., Halimah, L., & Ismail, M. H. (2019). Model Pendidikan Karakter Berbasis Literacy Gardens Di Paud. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 11–18. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.14457

Zubaidah, S. (2019). Pendidikan Karakter Terintegrasi Keterampilan Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 1. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.125


Refbacks

  • There are currently no refbacks.