Penerapan Media Pembelajaran Microsoft PowerPoint sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Tema 3 Subtema 1 Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri Nambak Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo

Zavanessa Veryan Putra Perdana, Hartini Hartini, Vivi Rulviana

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi penerapan media PowerPoint dalam Pembelajaran Tematik Tema 3 Subtema 1 siswa Kelas II di SDN Nambak, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo. Metodenya adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek siswa Kelas II SDN Nambak. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media PowerPoint dalam pembelajaran telah meningkatkan aktivitas guru. Pada siklus I, aktivitas guru mencapai skor 88,09% dalam kategori sangat baik, sedangkan pada siklus II, skornya meningkat menjadi 91,6% dalam kategori baik sekali. Kemajuan juga terlihat pada kegiatan pembelajaran menggunakan media PowerPoint, dengan skor kategori baik sebesar 77,77% pada siklus I, dan meningkat menjadi 93,6% dalam kategori baik sekali pada siklus II. Untuk mengukur kemajuan hasil belajar siswa melalui media PowerPoint, peneliti mengadakan rangkaian pembelajaran dan memberikan tes pilihan ganda. Tes ini dijalankan dua kali, pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I, capaian ketuntasan hanya 20%, dengan 3 siswa menyelesaikan tugas belajar dan 12 siswa lainnya belum mencapai ketuntasan. Namun, pada siklus II, terjadi peningkatan yang signifikan dengan 86,66% siswa mencapai ketuntasan. Nilai rata-rata kelas juga meningkat menjadi 81,3. Di siklus II, 13 siswa berhasil mencapai ketuntasan belajar, sementara siswa yang belum tuntas hanya 2 siswa

Keywords


Media Pembelajaran; Hasil Belajar; Microsoft Power Point

Full Text:

PDF

References


Alifa, Y. N., Aulia, R., Oktaviana, K., & Hajron, K. H. (2022). Penggunaan Media Power Point Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1700–1706.

Alti, R. M., Anasi, P. T., Silalahi, D. E., Fitriyah, L. A., Hasanah, H., Akbar, M. R., … Kurniawan, A. (2022). Media Pembelajaran. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Aziz, L. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V Sekolah Dasar Negeri 24 Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018. Media Pendidikan Matematika, 6(2), 96–103. https://doi.org/10.33394/mpm.v6i2.1689

Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif (1 ed.). Semarang: Fatawa Publishing.

Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran MI/SD (2 ed.). Semarang: CV Graha Edu.

Farhana, H., Awiria, & Muttaqien, N. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Harapan Cerdas.

Fuad, A. J., & Permatasari, A. D. (2019). Penggunaan Media Slide PowerPoint dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 61–78. https://doi.org/10.33367/jiee.v1i1.683

Juanda, A. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: deepublish.

Marlina, L., & Sholehun, S. (2021). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. FRASA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1), 66–74.

Maulannisa, D., Ngazizah, N., & Anjarini, T. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Keterampilan Generik Sains Terintegrasi Karakter Pada Tema 6 Energi Dan Perubahannya Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 1–9.

Mualimin, & Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Praktik. Sidoarjo: Ganding Pustaka.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171–187. https://doi.org/10.33511/misykat.v3i1.52

Prasandi, R. A., Khosmas, F. Y., & Achmadi, A. (2019). Penerapan Model Tematik Menggunkan Microsof PowerPoint dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(7), 121–129. https://doi.org/10.26418/jppk.v8i7.33762

Rizal, R. S., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Pembelajaran Daring dengan Model STAD Berbantuan Power Point di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1067–1075. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.873

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukesi, S. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Menggunakan Media Power Point Interaktif Di Kelas V SD Negeri 2 Penanggungan Tahun Pelajaran 2020/2021. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 3(3), 1722–1732. https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.57013

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Susilowati, D. (2018). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 36–46. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175

Tarmoko, A. H. (2015). Pemanfaatan MS Power Point dan Multimedia. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.