Studi literatur : upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD dengan model pembelajaran problem based learning (PBL)

Kartika Eka Mustika Yani, Parji Parji, Candra Dewi

Abstract


Perkembangan IPTEK yang semakin pesat memunculkan inovasi-inovasi atau pembaharuan dalam dunia pendidikan. Model PBL yaitu kepanjangan dari Problem Based Learning menjadi salah satu pembaharuan cara mengajar guru dengan langkah-langkah PBL di Sekolah Dasar. Tujuan artikel ini untuk mendeskripsikan penggunaan model PBL dapat membantu peningkatan hasil belajar peserta didik atau tidak. Penelitian pada artikel ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan metode studi literatur melalui buku, jurnal, dan artikel sesuai dengan masalah yang dibahas. Berdasarkan sumber literatur dari 10 artikel diperoleh hasil belajar matematika yang mengalami peningkatan paling rendah sebesar 5,63% sedangkan persentase 31,8% adalah rata-rata hasil belajar yang paling tinggi dengan jumlah rata-rata gain secara keseluruhan sebesar 17,23. Hasil belajar peserta didik saat pra siklus dari sumber literatur mendapatkan rata-rata 52,20 dan sesudah dilakukan penelitian tindakan kelas disiklus I diperoleh  68,70 sementara siklus II sebesar 85,93. Hasil penelitian dari sumber literatur menunjukkan model PBL dapat menunjang peningkatan hasil belajar siswa kelas IV untuk pelajaran matematika dengan rata-rata kenaikan disiklus II ≥ 60%.


Keywords


Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Matematika

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Fitri Rahayu, & Indri Anugraheni. (2019). “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai. 3(5):1178–83.

Asriningtyas, Anastasia Nandhita, Firosalia Kristin, & Indri Anugraheni. (2018). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD.” JKPM 5(1):23–32.

Ayuningtyas, Karin Widya, & Karma Iswasta Eka. (2022). “Peningkatan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menggunakan Model Problem Based Learning Dasar.” 3:816–22.

Eismawati, Eka, Henny Dewi Koeswanti, & Elvira Hoesein Radia. (2019). “Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning.” Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika. 3(2):71–78.

Fauzia, Hadist Awalia. (2018). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa.” Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. 7(1):40–47.

Hadi, Fida Rahmantika. (2016). “Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV”. Profesi Pendidikan Dasar 3(2):84–91.

Hadi, Fida Rahmantika. (2021). “Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Hots Matematika Berdasarkan Teori Newman.” Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 6(2):43.

Kusumawati, Wiwik. (2015). “Penerapan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Semboro 01 Kecamatan Semboro Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2014/2015”. Pancaran. 4(4):1–12.

Mawardi., & Vanny Yuniawardani. (2018). “Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Dengan Model Problem Based Learning Kelas IV SD.” JARTIKA : Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan. 1(2):24–32.

Melinda, Vina, & Melva Zainil. (2020). “Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar ( Studi Literatur ).” Jurnal Pendidikan Tambusai. 4(2):1526–39.

Pamungkas, D., Mawardi, M., & Astuti, S. (2019). “Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Problem Based Learning.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 3(2):212–19.

Perdana, Surya Ariz, & S. Slameto. (2016). “Penggunaan Metode Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Universitas Sebelas Maret. 4(2):73–78.

Priatna, Nanang, & Ricki Yuliardi. (2019). Pembelajaran Matematika Untuk Guru SD Dan Calon Guru SD. Bandung: PT. Remaja Rodakarya.

Puspita, Mita, Slameto, & Eunice Widyanti Setyaningtyas. (2018). “Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 Sd Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning.” Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi. 1(1):120–25.

Sari, Milya, & Asmendri. (2020). “Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA. 6(1):41–53.

Sofyan., Hermanto, dkk. (2017). Problem Based Learning Dalam Kurikulum 2013. Pertama. edited by Fitriyanti. Yogyakarta: UNY Press.

Sofyan, Herminarto, Wagiran, Kokom Komariah, & Endri Triwiyono. (2017). Problem Based Learning Dalam Kurikulum 2013. Pertama. Yogyakarta: UNY Press.

Surya, Yenni Fitra. (2017). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar.” Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1):38–53.

Syamsidah, & Hamidah Suryani. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL), Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Yogyakarta: Deepublish.

Widi, Listiani. (2017). “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 4.” Jurnal Mita Pendidikan. 1(6):694–707.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.