Faktor penghambat keterampilan menyimak pembelajaran bahasa Indonesia pada kurikulum merdeka di kelas IV SD

Mochammad Lutkhi Azhari Azhari, Vivi Rulviana, Sri Budyartati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penghambat pembelajaran keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka di kelas IV SD yang dilaksanakan di SDN Sugihwaras 01 Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengamatan dilakukan selama proses pembelajaran. Wawancara dilakukan terhadap guru kelas IV, dan 2 siswa. Dokumentasi didapat dari foto wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penghambat keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah perubahan kurikulum yang berdampak terutama pada sekolah dasar yaitu: 1) tidak tercapainya tujuan pendidikan pada awal pelaksanaan. Hal ini terjadi karena guru sebagai pendidik belum mampu mengimplementasikan kurikulum baru secara menyeluruh. 2) Kondisi yang tidak memadai. 3) Sosialisasi pengenalan kurikulum baru membutuhkan waktu, kemampuan guru dalam penguasaan kelas masih rendah, dan konsentrasi siswa dalam belajar bahasa Indonesia rendah.


Keywords


Kurikulum Merdeka, Bahasa Indonesia, Keterampilan Menyimak

Full Text:

PDF

References


Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas dan Peran dari Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Efektivitas Dan Peran Dari Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan,17 (1), 40–50.

Budiarti, W. N., & Riwanto, M. A. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E Modul) Keterampilan Berbahasa Dan Sastra Indonesia SD Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Mahasiswa PGSD. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(1), 97-â.

Farhurohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23-34.

Hasanah, N. F. L., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. In Renjana Pendidikan: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 2, No. 1, pp. 215-226).

Inayati, U. (2022, August). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. In ICIE: International Conference on Islamic Education (Vol. 2, pp. 293-304).

Mawati, A. T., Hanafiah, H., & Arifudin, O. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Primary Edu, 1(1), 69-82.

Naibaho, F. (2015). PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA FREE METHODIST-1 HELVETIA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. 12-26.

Nasution, W. N. (2017). Perencanaan pembelajaran: pengertian, tujuan dan prosedur. Ittihad, 1(2).

Newton, J. M., & Nation, I. S. P. (2008). Teaching ESL/EFL listening and speaking. Routledge.

Prihatin, Y. (2017). Problematika keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Sastranesia, 5(3), 45-52.

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya.Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Siregar, N., & Nara, H. (2015). Belajar dan pembelajaran. Penerbit Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sumaryamti, S. (2023). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 4(1), 47-55.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185-201.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.