Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dalam penanaman nilai karakter siswa kelas IV SDN 4 Kedung Banteng Kabupaten Ponorogo

Marselia Wahyu Ria Indrianti, Vivi Rulviana, Sri Budyartati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi projek penguatan profil pelajar pancasila dalam penanaman nilai karakter. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Kedung Banteng yang berjumlah 9 anak. Data penelitian diperoleh melalui Kepala Sekolah dan Guru Kelas IV dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah penanaman karakter pada diri siswa melalui kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila diperlukan beberapa tahapan yakni: 1) perencanaan, yang meliputi pembentukan tim fasilitasi projek, pengidentifikasian tahap kesiapan sekolah dalam menjalankan kegiatan P5, penentuan tema dan dimensi profil pelajar pancasila, perancangan alokasi waktu, penyusunan modul projek, dan pengembangan alur dan asesmen projek. 2) pelaksanaan, meliputi mengawali kegiatan, mengoptimalkan kegiatan P5, menutup rangkaian kegiatan P5, dan mengoptimalkan keterlibatan mitra luar. 3) evaluasi, yang meliputi penyusunan laporan perkembangan siswa, pelaksanaan evaluasi, dan tindak lanjut keberlanjutan dari kegiatan P5 yang telah dilaksanakan.


Keywords


Implementasi, Projek penguatan profil pelajar pancasila, Karakter

Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2018). Berbagai Metodologi dalam Kajian Penelitian Pendidikan dan Manajemen. Gowa: GUNADARMA ILMU.

Falaq, Y. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Skema Pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah. ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 367–380.

Fitriya, Y., & Latif, A. (2022). Miskonsepsi Guru Terhadap Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung Ke-4, (November 2022), 139–150.

Ilmiah, N., & Marzuki, I. (2023). Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Meningkatkan Jiwa Wirausahawan Pada Peserta Didik Fase B UPT SD Negeri 40 Gresik. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 20(3), 683–693. https://doi.org/https://doi.org/10.53515/qodiri.2023.20.3.683-693

Lestari, D. E., Koeswanti, H. D., & Sadono, T. (2021). Penerapan Pembelajaran Daring Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 842–849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.841

Maulida, V. N. (2023). IMPLEMENTASI KEGIATAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH 4 BATU. Universitas Muhammadiyah Malang.

Mery, Martono, Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617

Mulyani, D., Ghufron, S., Akhwani, & Kasiyun, S. (2020). Peningkatan Karakter Gotong Royong di Sekolah Dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 225–238. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/lectura.v11i2.4724

Nafaridah, T., Ahmad, Maulidia, L., Ratumbuysang, M. F. N. G., & Kesumasari, E. M. (2023). Analisis Kegiatan P5 sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Era Digital di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Seminar Nasional(PROSPEK II) Transformasi Pendidikan Melalui Digital Learning Guna Mewujudkan Merdeka Belajar, 2(2), 84–97.

Nugroho, R. B. (2022). Kesetaraan Gender dalam Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil alamin dalam Kurikulum Merdeka. Prosiding The 3rd Annual Conference on Madrasah Teachers (ACoMT), 5.

Panggalo, I. S. (2021). Faktor Penyebab Kesulitan Guru Membangun Hubungan Interpersonal dengan Siswa di Salah Satu SD Swasta Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. https://doi.org/https://doi.org/10.47178/jkip.v10i2.1374

Qomariyah, R. S., Hasanah, P. S. N., & Putri, T. F. (2022). Meningkatkan Karakter Pelajar Pancasila Pada Siswa Melalui Program P5 Tari Kreasi. Desember, 01(01), 185–190. Retrieved from http://jurnal.minartis.com/index.php/jpst/https://doi.org/10.47233/jpst.v1i2.314

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2021). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Rosnaeni. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu2, 5(5), 4334–4339. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1548

Saputra, R., Rochmiyati, S., & Havifah Cahyo Khosiyono, B. (2023). Perwujudan Keenam Profil Pelajar Pancasila Dalam Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pembuatan Tempat Pensil Sederhana Dari Botol Plastik Bekas. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 10(1), 87–98. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v10i1.4077

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaludin, A., & Munip, A. (2023). Implementasi profil pelajar Pancasila melalui proyek bermuatan kearifan lokal di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3), 195–208. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.7082

Sulistiyaningrum, T., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(2), 121–128. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Suma, K., Pujani, N. M., & Yunithasari, N. P. M. (2022). Pengembangan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Proceeding Senadimas Undiksha, 1287–1298. Retrieved from https://lppm.undiksha.ac.id/senadimas2022/prosiding/file/171.pdf

Widana, I. W., Sumandya, I. W., & Prastanti, N. P. D. (2022). IMPLEMENTASI METODE STAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENGEMBANGKAN MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 05(06), 696–708.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.