Efektivitas model problem based learning (pbl) berbantu media audio-visual terhadap hasil belajar tematik siswa kelas v sekolah dasar

Yayuk Yayuk, Sri Lestari, Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta

Abstract


Peneltian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Efektivitas model problem based leaning (PBL) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V sekolah dasar penelitian ini di laksanakan di SDN karang tengah prandon 2 dan SDN Sumberjo III di kabupaten Bojonegoro. Model PBL dapat diterapkan untuk pembelajaran yang dalam proses pembelajarannya menggunakan media audio visuaal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan Posttest Only Control Group Design. Responden penelitian ini yaitu kelas V dengan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antar model pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) didasarkan pada aktivitas belajar. Berdasarkan Sig. (2-tailed) menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil pretest dan posttest pada setia kelas tesebut karena nilai < 0.05, sehingga setiap kelas mengalami peningkatan. Namun, berdasarkan perolehan nilai t kelas eksperimen memperoleh nilai lebih tinggi sehingga kemampuan akhir siswa pada kelas eksperimen jauh lebih tinggi dibandingkan kemampuan akhir siswa kelas kontrol pada pembelajaran tematik siswa kelas V Sekolah Dasar.


Keywords


Model problem based learning (PBL); media audio visual; hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Kartikasari, G. (2016). Pengaruh media pembelajaran berbasis multimedia terhadap motivasi dan hasil belajar materi sistem pencernaan manusia. Jurnal Dinamika Penelitian, 16(1), 63–83.

Khairi, A., & Miaz, Y. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model PBL di Kelas IV SD. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(2), 105. https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i2.10421

Mastika Yasa, P. A. E., & Bhoke, W. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sd. Journal of Education Technology, 2(2), 70. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16184

Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016–2024. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.244

Pramudya, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pbl. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 320–329. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.391

Rahmatia, F., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2685–2692.

Rivaldi, K. H. O., Putra, D. K. N. S., & Putra, I. K. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 128. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15494

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1910–1917. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/690

Windasari, T. S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 1–13.

Kartikasari, G. (2016). Pengaruh media pembelajaran berbasis multimedia terhadap motivasi dan hasil belajar materi sistem pencernaan manusia. Jurnal Dinamika Penelitian, 16(1), 63–83.

Khairi, A., & Miaz, Y. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model PBL di Kelas IV SD. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(2), 105. https://doi.org/10.24036/e-jipsd.v10i2.10421

Mastika Yasa, P. A. E., & Bhoke, W. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sd. Journal of Education Technology, 2(2), 70. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16184

Nofziarni, A., Hadiyanto, H., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016–2024. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.244

Pramudya, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Pbl. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 320–329. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i2.391

Rahmatia, F., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2685–2692.

Rivaldi, K. H. O., Putra, D. K. N. S., & Putra, I. K. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 128. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15494

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1910–1917. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/690

Windasari, T. S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 1–13.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.