Peningkatan hasil belajar dan kemampuan berhitung pecahan melalui media flip paper pada siswa kelas 2 SDN Kartoharjo 1

Yuyun Kurniawati, Purwandari Purwandari, Yunay Arsih Eko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung dan hasil belajar pada materi pecahan di kelas 2. Jenis penelitain yang digunakan ada;ah Penilitian Tindakan Kelas (PTK) yang daiwali dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek yang diamati dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 SDN Kartoharjo 1 sebanyak 19 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasilbelajar yang menggunakan nilai post tets dan kemampuan berhitung yang menggunakan lembar observasi. Tahapan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian adalah sebagai berikut, pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa sebesar 63% kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 90%. Siswa yang belum tuntas pada siklus 1 adalah sebesar 37% dan pada siklus 2 menurun menjadi 10%. Kemampuan berhitung pada siklus 1 pada komponen konsep pecahan dengan indeks sebesar 3,15 pada siklus 2 menjadi 4,1.komponen simbol pecahan pada siklus 1 dari 2,89 menjadi 3,57 pada siklus 2. Komponen operasi pecahan dari 2,73 pada siklus 1 menjadi 3,05 di siklus 2. Berdasarkan datahasil belajar dan kemampuan berhitung pada siklius 1 dan 2 mengalami peningkatan.


Keywords


Hasil belajar; berhitung pecahan; media flip paper

Full Text:

PDF

References


Ananda Aditya Sari Harahap, Yasmin Salsabila, Nabila Fitria, & Nisaiy Darussakinah harahap. (2023). Pengaruh Perkembangan Kemampuan Pada Aspek Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Terhadap Hasil Belajar. Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Sains, 3(1). https://doi.org/10.58432/algebra.v3i1.741

Anjani, N. D., Sulianto, J., & Untari, M. F. A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Materi Pecahan dengan Menerapkan Model Problem Based Learning dengan Media Manipulatif. Journal of Education Action Research, 5(2), 246–253. https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33136

Guntur, M., Riyanti, R., & Suryani, P. B. (2021). Penggunaan Metode Latihan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Penjumlahan Pecahan Biasa Beda Penyebut. PERISKOP : Jurnal Sains Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.58660/periskop.v2i1.14

Nau, F. E. A., Mbari, M. A. F., & Yufrinalis, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Menjumlahkan Bilangan Pecahan Melalui Media Kertas Lipat Pada Siswa Kelas V SD Inpres Wairotan. Journal on Education, 5(3), 6656–6663. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1445

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Soviatun, V., Arifin, Z., & Reffiane, F. (2017). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN PECAHAN MENGGUNAKAN METODE PAIR CHECK BERBANTU MEDIA KERTAS LIPAT. 29–35.

Trisnawati, D. F., & Kamsiyati, S. S. (2019). Efektivitas media realia dan blok pecahan terhadap kemampuan berhitung materi pecahan peserta didik sekolah dasar [The effectiveness of realia media and fraction blocks on the ability to count fractional materials in elementary school students]. Jurnal Pendidikan Dasar/Journal of Basic Education, 7(1), 46–50.

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra, 5(2), 1–11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.