Pengaruh penerapan media pembelajaran puppet show terhadap kemampuan bercerita siswa kelas v min 2 kota madiun

Safira Nuri Cahyani, Fida Chasanatun, Apri Kartikasari HS

Abstract


Pembelajaran Bahasa Indonesia sangat penting khususnya di dunia pendidikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media puppet show dalam melatih kemampuan bercerita. Penelitian ini melibatkan siswa kelas V MIN 2 Kota Madiun dengan sampel sebanyak 74 siswa yang terdiri dari 37 siswa dari kelas eksperimen dan 37 siswa kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Simple Group Design. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan melakukan praktik tes lisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan nilai antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil post test diketahui bahwa nilai rerata kelas eksperimen mencapai 75,8 sedangkan nilai rerata kelas kontrol mencapai 65,14. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa media puppet show lebih berpengaruh untuk melatih kemampuan bercerita siswa.


Keywords


Media Puppet Show; Kemampuan Bercerita; Pembelajaran Bahasa.

Full Text:

PDF

References


I. R. Julianto and A. S. Umami, “Peranan Guru Dalam Pengimplementasian Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia,” Pros. Samasta, pp. 208–2016, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/208-216

U. S. Maret, K. Surakarta, J. Tengah, U. S. Maret, K. Surakarta, and J. Tengah, “Analisis keterampilan bercerita pada materi cerita rakyat bahasa jawa kelas iv sekolah dasar,” no. 449.

E. Nurfina and A. Burhanuddin, “ANALISIS KESULITAN BELAJAR BAHASA INDONESIA DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BORANG PENDAHULUAN Kesulitan belajar merupakan hambatan dan gangguan yang dialami oleh peserta didik dalam proses kegiatan pembelajaran . Menurut Utami (,” pp. 94–95.

D. Delawanti Chrisyarani, “Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), Vol. 2 No. 1 Januari 2018 http:ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD,” J. Bid. Pendidik. Dasar, vol. 2, no. 1, pp. 57–62, 2018.

E. S. Maruti and R. U. Y. Opsari, “Penerapan Metode Role Playing Berbantuan Media Wayang Kreasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sd,” Pros. SENSASEDA, vol. 1, pp. 49–54, 2021.

M. D. Lestariningsih and D. P. Parmiti, “Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Media Wayang Papercraft,” J. Pendidik. Anak Usia Dini Undiksha, vol. 9, no. 1, p. 71, 2021, doi: 10.23887/paud.v9i2.35944.

Eswadi, “Peningkatan pemahaman perilaku hidup bersih dan sehat menggunakan media wayang kreasi,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. Edisi 1 Ta, pp. 21–29, 2018.

P. Studi et al., “Ijee 1 (1) 2018,” vol. 1, no. 1, 2018.

I. Muthohharoh, S. Ghufron, N. Nafiah, and S. Hartatik, “Pengaruh Penggunaan Media Wayang Kardus terhadap Kemampuan Bercerita Peserta Didik di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3196–3202, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i5.1267.

M. Mila and S. Anafiah, “Pengaruh Penggunaan Media Wayang Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas V Di Sd 1 Petir Piyungan Bantul,” TRIHAYU J. Pendidik. Ke-SD-an, vol. 7, no. 2, pp. 1145–1150, 2021, doi: 10.30738/trihayu.v7i2.9176.

O. Research, S. International, and A. No, “R. c . a,” Osteoarthr. Cartil., pp. 281–294, 1999.

M. Siswa, P. Tema, K. Sdn, J. Pgmi, and F. Iain, “PENGARUH MEDIA PUPPET SHOW TERHADAP KETERAMPILAN BAYU,” vol. 4, no. 1, pp. 35–48, 2023.

Z. Nurhanani, B. B. Wiyono, and N. Nurchasanah, “Analisis Penggunaan Media Puppet Show untuk Peningkatan Kemampuan Menyimak dan Bercerita Siswa,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 5, no. 7, p. 1020, 2020, doi: 10.17977/jptpp.v5i7.13812.

L. Halimah, R. R. M. Arifin, M. S. Yuliariatiningsih, F. Abdillah, and A. Sutini, “Storytelling through ‘Wayang Golek’ puppet show: Practical ways in incorporating character education in early childhood,” Cogent Educ., vol. 7, no. 1, 2020, doi: 10.1080/2331186X.2020.1794495.

N. Luh and P. Ekayani, “Pentingnya penggunaan media siswa,” Pentingnya Pengguna. Media Pembelajaran Untuk Meningkat. Prestasi Belajar Siswa, no. March, pp. 1–16, 2021, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/profile/Putu-Ekayani/publication/315105651_PENTINGNYA_PENGGUNAAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_UNTUK_MENINGKATKAN_PRESTASI_BELAJAR_SISWA/links/58ca607eaca272a5508880a2/PENTINGNYA-PENGGUNAAN-MEDIA-PEMBELAJARAN-UNTUK-MENINGKATKAN-PRESTASI-


Refbacks

  • There are currently no refbacks.