Studi literatur : keefektifan model pembelajaran problem based learning (pbl) sebagai upaya membangun keterampilan higher order thinking skills (hots) siswa sd

Meilina Rahmawati, Sri Budyartati, Maya Kartikasari

Abstract


Perkembangan globalisasi memberikan dampak yang signifikan terhadap pendidikan. Dengan perkembangan tersebut siswa diharapkan memiliki kemampuan yang relevan dengan abad 21untuk dapat beradaptasi pada kehidupan saat ini keterampilan tersebut meliputi keterampilan berpikir tingkat tinggi. HOTS yakni salah satu kemampuan seseorang untuk dapat menganalisis_,mengevaluasi dan juga mencipta. Pembelajaran yang menunjang HOTS salah satunya problem based learning dimana model ini menekankan pembelajaran dengan pemberian masalah secara nyata dan siswa didorong untuk dapat memecahkan masalah tersebut. Dalam penulisan artikel ini mwnggunakan metode literature review dengan mengumpulkan sejumlah jurnal untuk dikaji dan dianilisis yang sesuai dengan topik pembahasan. Model problem based learning mampu untuk membangun keterampilan higher order thingking skill (HOTS) siswa SD karena pada model problem based learning memiliki ciri dimana masalah digunakan sebagai fokus pembelajaran.

Keywords


Model problem based learning, hots, siswa sd

Full Text:

PDF

References


Aisyah, A., Salehuddin, K., Aman, I., Yasin, R. M., & Mimiko, N. (2019). Eliciting Elements Of Higher Order Thinking Skills In The Higher Secondary Examination Question Structure In Japan And Malaysia. In Proceedings Of The Regional Conference On Science, Technology And Social Sciences (Rcstss 2016) (Pp. 455–464). Springer Singapore. Https://Doi.Org/10.1007/978-981-13-0203-9_42

Ariyana, Y., Ari Pudjiastuti Mpd Reisky Bestary, M., & Zamroni, Mp. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan .

Chen, J. (2022). Cognitive Mapping For Problem-Based and Inquiry Learning Theory, Research, and Assessment. Taylor & Francis. Https://Doi.Org/10.4324/9781003305439-1

Gijbels, D., Dochy, F., Van Den Bossche, P., & Segers, M. (2005). Effects Of Problem-Based Learning: A Meta-Analysis From The Angle Of Assessment. In Review Of Educational Research (Vol. 75, Issue 1, Pp. 27–61). Sage Publications Inc. Https://Doi.Org/10.3102/00346543075001027

Hmelo-Silver, C. E., Bridges, S. M., & Mckeown, J. M. (2015). Epistemology Of Pbl Facilitation.

Hodiyanto. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Higher Order Thingking Skills (HOTS) Matematis Siswa Hodiyanto.

Humaira, H. R., & Muhammadi. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Melatih Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1494–1499.

Inayati, U. (2020). Strategi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Hots Menggunakan Model Problem Based Learning. Auladuna.

Jauhar, S., & Nurdin, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jikap Pgsd: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(2).

Kurniasari, R., Koeshandayanto, S., & Akbar, Dun. (2020). Perbedaan Higher Order Thinking Skills Pada Model Problem Based Learning dan Model Konvensional. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5, 170–174. Http://Journal.Um.Ac.Id/Index.Php/Jptpp/

Lu, K., Pang, F., & Shadiev, R. (2021). Understanding The Mediating Effect Of Learning Approach Between Learning Factors And Higher Order Thinking Skills In Collaborative Inquiry-Based Learning. Educational Technology Research And Development, 69(5), 2475–2492. Https://Doi.Org/10.1007/S11423-021-10025-4

Lu, K., Yang, H. H., Shi, Y., & Wang, X. (2021). Examining The Key Influencing Factors On College Students’ Higher-Order Thinking Skills In The Smart Classroom Environment. International Journal Of Educational Technology In Higher Education, 18(1). Https://Doi.Org/10.1186/S41239-020-00238-7

Masduriah, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Pbl Terhadap Keterampilan HOTS Siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar . Http://Prosiding.Unipma.Ac.Id/Index.Php/Kid

Masjid. (2022). Problem Based Learning, Salah Satu Model Pembelajaran Hots Abad 21. Seminar Nasional 100 Tahun Tamansiswa.

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Mampu Melatihkan Keterampilan Abad 21? Http://E-Journal.Ikippgrimadiun.Ac.Id/Index.Php/Jpfk

Miedijensky, S., Sasson, I., & Yehuda, I. (2021). Teachers’ Learning Communities For Developing High Order Thinking Skills—A Case Study Of A School Pedagogical Change. Interchange, 52(4), 577–598. Https://Doi.Org/10.1007/S10780-021-09423-7

Pia, N., Masnur, & Elihami. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) 1. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 72–89.

Puji Dwi Kurniasih, A., & Nugroho. (2020). Peningkatkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Dan Kerjasama Antar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Media Kokami Di Kelas Iv Sd Negeri 2 Dukuhwaluh. In Sri Harmianto Attadib Journal Of Elementary Education (Vol. 4, Issue 1). Https://Www.JurnalfaiUikabogor.Org/Index.Php/Attadib/Issue/View/52

Puspitasari, R., Sutarno, & Wayan, D. I. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(4), 503–511. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Jptpp.V5i4.13371

Reed, S. S., Mullen, C. A., & Boyles, E. T. (2021). Problem-Based Learning In Elementary School What Strategies Help Elementary Students Develop? Springer . Http://Www.Springer.Com/Series/8914

Rezkillah, I. I., & Haryanto, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi High Order Thinking Skill Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Percaya Diri. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 257–268. Https://Doi.Org/10.24815/Jpsi.V8i2.17322

Rosidah, C. T. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Menumbuhkembangkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inventa, Ii(1).

Rusydiana, M., Nuriman, & Wardoyo Aguk Arik. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, V(1), 13–16. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26740/Eds.V5n1.P13-16

Septina Lestari, A., Alwi, M., Rahman Hakim, A., Guru Sekolah Dasar, P., Hamzanwadi, U., & Artikel, R. (2021). Jurnal Elementary Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Masbagik Utara 4(1), 1–6. Https://Doi.Org/10.31764/Elementary.V4i1.3218

Sinabang, Y. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. 1(1). Https://Doi.Org/10.38035/Jmpis

Singh, C. K. S., & Marappan, P. (2020). A Review Of Research On The Importance Of Higher Order Thinking Skills (Hots) In Teaching English Language. In Journal Of Critical Reviews (Vol. 7, Issue 8, Pp. 740–747). Innovare Academics Sciences Pvt. Ltd. Https://Doi.Org/10.31838/Jcr.07.08.161

Sofyan, H., & Komariah, K. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Smk Problem Based Learning In The 2013 Curicullum Implementation Of Vocational High School. Smk, 6(3). Www.Kemdikbud.Go.Id

Sufairoh. (2016). Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13.

Suhadi, S. M., Mohamed, H., Abdullah, Z., Zaid, N. M., Aris, B., & Sanmugam, M. (2016). Enhancing Student’s Higher Order Thinking Skills (Hots) Through The Socratic Method Approach With Technology. International Journal Of Knowledge-Based Organizations, 6(4), 14–27. Https://Doi.Org/10.4018/Ijkbo.2016100102

Susetyo, Pendididkan, S., & Indonesia, B. (2019). Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas Pgri Yogyakarta Inovasi Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0.

Untari, E., Rohmah, N., & Wahyu Lestari, D. (2018). Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pb l) Sebagai Pembiasaan Higher Order Thinking Skills(Hots) Pada Pembelajaran Ipadi Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 135.

Widihastuti. (2014). Model Penilaian untuk Pembelajaran Abad 21(Sebuah Kajian Untuk Mempersiapkan Sdm Kritis dan Kreatif.

Wijnia, L., Loyens, S., & Rikers, M. J. P. R. (2019). The Problem‐Based Learning Process: An Overview Of Different Models.

Yuliawan, A., Nurhayati, T., Patimah, D., Studi, P., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Tarbiyah, I., & Keguruan, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbm) Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pengukuran Kelas III di Sdn 1 Weru Lor Kabupaten Cirebon (Vol. 02, Issue 01).

Zainal, N. F. (2022). Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(3), 3584–3593. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i3.2650

Zotou, M., Tambouris, E., & Tarabanis, K. (2020). Data-Driven Problem Based Learning: Enhancing Problem Based Learning With Learning Analytics. Educational Technology Research And Development, 68(6), 3393–3424. Https://Doi.Org/10.1007/S11423-020-09828-8


Refbacks

  • There are currently no refbacks.