Pengaruh Media Pembelajaran Instructional Content Terhadap Hasil Belajar IPA di SDIT Ar-Rofi’iyyah Jakarta

Mashudi Alamsyah, Martua Ferry Siburian, Rifqi Pratama, Giry Marhento, Jupriadi Jupriadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar pada siswa yang diberikan media instructional content dengan siswa yang diajarkan dengan pemberian media konvensional. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Instrumen yang digunakan di dalam penelitian ini dengan memberikan tes, model tes berupa sola pilihan ganda sebanyak 30 soal. Hasil dari penelitian pada kelas   yang di ajarkan dengan memberikan   media instructional content dengan jumalh responden 40 siswa   diperoleh rata-rata skor 80,375. Kelas yang  diajarkan  dengan  media  konvensional     dengan  jumlah  responden  sebanyak  40  siswa diperoleh nilai rata-rata 66,75. Berdasarkan perhitungan dari hasil pengujian hipotesis terbukti  H ditolak dan H1 diterima  karena tHitung= 9,140 dan tTabel = 1,981 thitung  > tTabel . Dari hasil uji tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang di ajarkan  dengan  media  intructional  dengan  siswa  yang  di  ajar  dengan  media  konvensional  di sekolah SDIT Ar-Rofiiyyah Jakarta pada mata pelajaran IPA


Keywords


Media Pembelajaran, Instructional Content,Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Febrianti, F. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Grafis Dalam Meningkatkan . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 667-677.

Lestari, A. S. (2013). PEMBELAJARAN MULTIMEDIA. Jurnal Al-Ta’dib, 84-98.

Muakhirin, B. (2014). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, , 51-57.

Riwahyudin, A. (2015). Pengaruh Sikap Siswa Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Kabupaten Lamandau. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar , 11-23.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan . Jurnal Komunikasi Pendidikan,, 103-114.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.