Pengaruh penggunaan media pembelajaran roda pintar terhadap hasil belajar matematika kelas 4 sekolah dasar

Mulya Puspitasari, Vivi Rulviana, Apri Kartikasari HS

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk melihat adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran roda pintar terhadap hasil belajar matematika kelas 4 sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif, menggunakan desain Quasi Eksperimental Design dengan kegiatan pretest dan posttest yang dilakukan di SDN 02 Pandean Kota Madiun. Sampel pada penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu pada kelas kontrol (4A) dan kelas eksperimen (4B). Teknik sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dengan uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji homogenitas serta uji hipotesis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di kelas 4 SDN 02 Pandean Kota Madiun, menunjukan terdapat adanya pengaruh penggunaan media roda pintar terhadap hasil belajar matematika. Hal ini terlihat berdasarkan dari hasil uji t dimana diperoleh Sig. (2.tailed) < 0,005 ( 0,001 < 0,005).


Keywords


media pembelajaran, roda pintar, hasil belajar, bangun datar

Full Text:

PDF

References


Annisah, Siti. 2017. “Alat Peraga Pembelajaran Matematika.” Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan 11(1): 1–15.

Ariyanto, Metta. 2018. “Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble.” Profesi Pendidikan Dasar 3(2): 133.

Ayu, Rizki, Dia Junaidi, and Gustimal Witri. “Error Analysis of Grade Iv Students in Solving Plane Geometry Mathematics Problems Based on Type of Errors By Nolting Sdn 125 Pekanbaru Menyelesaikan Soal Matematika Bangun Datar.” 7: 1–14.

Bakhruddin, Mukhammad et al. 2020. Engineering, Construction and Architectural Management Strategi Belajar Mengajar “Konsep Dasar Dan Implementasinya.” http://dx.doi.org/10.1016/j.jss.2014.12.010%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.03.034%0Ahttps://www.iiste.org/Journals/index.php/JPID/article/viewFile/19288/19711%0Ahttp://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.678.6911&rep=rep1&type=pdf.

Fadilah Utami et al. 2022. “Pelatihan Pembuatan Media Roda Berputar Di Paud Islam Terpadu As-Subhan.” Diseminasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 4(2): 235–40.

Firmansyah, Dani. 2015. “Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) 6(2): 34–44.

Halawa, Suarniwati, Universitas Katolik, and Santo Thomas. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Atraktif Roda Pintar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas III SD RK Budi Luhur Medan.” 10: 29–40.

Handayani, Novi, Arfilia Wijayanti, and Ikha Listyarini. 2018. “Keefektifan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Berbantu Media Roda Pintar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 2(4): 404.

Hendratni. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Datar Berbasis Miniatur Rumah Pada Mata Pelajaran Matematika SD.” Universitas PGRI Yogyakarta: 1–7. http://repository.upy.ac.id.

Juliansyah, Nendi, Herlinda, and Berta Dian Theodora. 2021. “Perancangan Aplikasi Edukasi Menghitung Luas Dan Keliling Bangun Datar Berbasis Android.” Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi) 5(1): 397–403. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/semnasristek/article/view/4927/835.

Laurina, Tika, and Iqnatia Alfiansyah. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Roda Pintar Pada Subtema Perubahan Wujud Benda Kelas III UPT SD Negeri 98 Gresik.” Journal on Education 5(3): 9722–33.

Lingga, Nur Halyza. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Parantar (Papan Putar Pintar) Dengan Surprise Box Berbasis Android Pada Pelajaran IPA.” Pengembangan Media Pembelajaran parantar (Papan Putar Pintar) dengan Surprise Box Berbasis Android Pada Pelajaran IPA (8.5.2017): 2003–5.

Magfira, A. 2022. “Implementasi Media Pembelajaran Roda Berputar Pada Mata Pelajaran PAI Di Kelas IV SDN 50 Kota Bengkulu.” (8.5.2017): 2003–5.

Mahnum, Nunu. 2020. “MEDIA PEMBELAJARAN (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran).” Creative Education 11(03): 262–74.

Nasaruddin, Nasaruddin. 2018. “Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika.” Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 3(2): 21–30.

Nisa, Afiatin. 2015. “Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.” Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan II(1): 1–9.

Novelia, Rika, Dewi Rahimah, and Muhammad Fachruddin Syukur. 2017. “Penerapan Model Mastery Learning Berbantuan Lkpd Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di Kelas Viii.3 Smp Negeri 4 Kota Bengkulu.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) 1(1): 20–25.

Novita, Lina, Elly Sukmanasa, and Mahesa Yudistira Pratama. 2019. “Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa SD.” © 2019-Indonesian Journal of Primary Education 3(2): 66. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/22103/10859.

Nurrita. 2018. “Kata Kunci : Media Pembelajaran Dan Hasil Belajar Siswa.” Misykat 03: 171–87.

Rahman, Sunarti. 2021. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.” Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0 (November): 289–302.

Risma, Faizah, Aryanto. 2021. “Pengembangan Media Roda Pintar Berkantong Pada Materi Bangun Ruang Di Kelas V Sekolah Dasar.” 1(1).

Simbolon, Redina. 2019. “Penggunaan Roda Pintar Untuk Kemampuan Membaca Anak.” JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar 2(2): 66–71.

Solichah, Mar’atus, Akhwani Akhwani, Sri Hartatik, and Syamsul Ghufron. 2020. “Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Media Roda Putar Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar.” Wahana Sekolah Dasar 28(2): 51–59.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.