Pengaruh metode survey, question, read, recite and review (sq3r) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada teks nonfiksi siswa kelas v

Sinta Dwi Rahayu, Fauzatul Ma'rufah, Octarina Hidayatus Sholikhah

Abstract


Membaca pemahaman pada teks nonfiksi penting bagi siswa karena mereka dapat memahami fakta logis secara keseluruhan, menentukan gagasan utama bacaan teks nonfiksi, untuk memahami isi dan maksud dari teks, Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengetahui kemampuan membaca pemahaman pada teks nonfiksi siswa kelas 5  MIN 2 Kota Madiun setelah penerapan metode Survey, Question, Read, Recite and Review (SQ3R); (2) mengetahui apakah ada pengaruh metode survey, questions, read, recite, and review (SQ3R) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada teks nonfiksi siswa kelas 5 MIN 2 Kota Madiun. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 MIN 2 Kota Madiun dengan jumlah 185 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling dan di dapat sampel berjumlah 74 siswa yakni kelompok eksperimen maupun kontrol masing-masing berjumlah 37 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji keseimbangan, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig. 0,046 yang berarti nilai sig. < 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh metode Survey, Question, Read, Recite and Review (SQ3R) terhadap kemampuan membaca pemahaman pada teks nonfiksi siswa kelas 5 MIN 2 Kota Madiun.


Keywords


Metode sq3r, membaca pemahaman, teks nonfiksi

Full Text:

PDF

References


Afiana, R., Pratiwi, W. D., & Nurhasanah, E. (2021). Keefektifan Metode SQ3R dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Fiksi di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa SMP. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2362–2370. https://doi.org/10.31004/edukatif. v3i5.855

Anita Alvionita, & Muhafidin. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Teks Nonfiksi Siswa Kelas Vi Sd Negeri 1 Jalaksana Di Masa Pandemi. Jurnal Lensa Pendas, 6(1), 33–41. https://doi.org/10.33222/jlp.v6i1.1660

Aziz, I. N. (2020). Implementation of SQ3R Method in Improving the Students’ Basic Reading Skill. EDUCATIO : Journal Of Education, 5(1), 97–106.

Cicilia, Y., & Nursalim, N. (2019). Gaya dan Strategi Belajar Bahasa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 138–149. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.30

Hasibuan, R. S., Fitriani Harahap, & Sartika Rati Asmara Nasution. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Sq3R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Isi Cerita Pendek Kelas Iv Sd Negeri 157019 Pinangsori 12. IPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 2 (1)(1), 96–101. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ jipdas.v2i1.287

Juliana. (2021). Penerapan Metode SQ3R Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2), 260–274.

Kaniati, M., Hidayat, S., & Kosasih, E. (2018). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Teks Nonfiksi. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 100–111.

Luginawati, R. (2019). Pengembangan Pembelajaran IPA Dengan Metode SQ3R (Development of Learning with the SQ3R Method). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, November, 148.

Nugraheni, A. A., & Yunianta, T. N. H. (2018). Penerapan Metode SQ3R untuk meningkatkan pemahaman konsep kelas VIII materi fungsi di SMP Negeri 2 Mojosongo Boyolali. Jurnal Genta Mulia, IX(1), 122–133. file:///C:/Users/43U/Downloads/149-274-1-SM.pdf

Pratiwi, C. P. (2020). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 1. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.558

Pratiwi, C. P. (2022). Penerapanan pojok baca untuk pembiasaan membaca dan menulis siswa kelas iv sdn bulak. 3. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geoducation

Puji, D. P., Ali Rachman, & Sulistiyana. (2022). Meningkatkan Minat Membaca Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Metode SQ3R (Survey,Question,Read, Recite,Review). JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 47–55. https://doi.org/10.24905/jcose.v4i2.89

Sunardin, S. (2019). Perbandingan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Berdasarkan Tingkat Minat Baca antara yang Belajar dengan Metode SQ3R dan Metode Quantum Reading. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 16–25. https://doi.org/10.30605/ cjpe.122019.104


Refbacks

  • There are currently no refbacks.