Media Pembelajaran Interaktif Aksara Jawa Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 SDN 03 Madiun Lor

Lady Alfina, Ivayuni Listiani, Pinkan Amita Tri Prasasti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif aksara jawa berbasis macromedia flash untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 3 SDN 03 Madiun Lor sebagai salah satu media yang mudah digunakan dan dapat diakses kapan saja. Penelitan ini menggunkan penelitian pengembangan R&D yang menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner dan dokumentasi. Hasil Penelitian mendapatkan kriteria “sangat valid, dengan validasi dari ahli materi mendapatkan presentase sebesar 86%, validasi dari ahli bahasa mendapatkan presentase sebesar 88%, validasi ahli media mendapatka presentase sebesar 98%, respon Guru sebanyak 94% dan respon siswa sebesar 92,3% dapat disimpulan bahwa media pembelajaran interaktif aksara jawa berbasisi macromedia flash untuk kelas 3 Sekolah Dasar layak digunakan.


Keywords


Macromedia Flash; Aksara Jawa; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Anggraini, M. C., & Kristin, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4207-4213.

Ariyana, A., Ramdhani, I. S., & Sumiyani, S. (2020). Merdeka Belajar melalui penggunaan media audio visual pada pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(2), 356-370.

Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. J. Inov. Pendidik. Agama Islam, 1(1), 28-37.

Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash bermuatan problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323-334.

Latifah, N. N. (2019). Pembelajaran muatan lokal bahasa jawa dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di SDN Sambiroto 01 Semarang. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 149-158.

Mulyawati, Y., & Windiyani, T. (2020). The Effects of Using Snake and Ladder Media towards Elementary School Students’ Learning Outcomes. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (JTLEE), 3(2), 182-191.

Nuryani, E. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Aksara Jawa Berbasis Adobe Flash Untuk Siswa Kelas Iv. Joyful Learning Journal, 9(2), 78-83.

Prasasti, P. A. T., & Dewi, C. (2020). Pengembangan Assesment of Inovation Learning Berbasis Revolusi Industri 4.0. untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 66-73.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Purwaningsih, E. (2021). Modul Ajar Manajemen Sumber Daya Manusia.

Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web articulate storyline pada pembelajaran IPA di kelas V sekolah dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237-253.

Satria, H., & Basir, A. (2020). Implementasi media interaktif berbasis macro mediaflash pada mata pelajaran sistem pengendali elektromagnetik. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 5(2), 16-23.

Wahidah, A. N., Sari, M. K., & Listiani, I. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sdn Sekarputih 1. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 239-244.

Zelhendri, Syafril. (2020) Dasar Dasar Pendidikan. Jakarta, PrenadamediaGroup


Refbacks

  • There are currently no refbacks.