Analisis penggunaan modul digital matematika berbasis model contextual teaching and learning untuk siswa kelas IV sekolah dasar

Purnomo Indra Saputra, Fida Rahmantika Hadi, Rissa Prima Kurniawati

Abstract


Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penggunaan modul digital matematika berbasis model contextual teaching and learning pada siswa kelas IV SDN Pilangbango, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes, angket yang diberikan adlah angket respon siswa dan guru, hasil angket validasi ahli serta hasil post test dan pretest. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil validasi ahli materi sebesar 92,5%, hasil validasi ahli media sebesar 88,57%, hasil validasi ahli bahasa sebesar 70%. Hasil angket respon guru menunjukkan hasil 96,87% dan hasil angket respon siswa 87,10%. Berdasarkan hasil tersebut masuk dalam kategori valid dan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Rata-rata hasil tes yang dilaksanakan siswa pada hasil pretest sebesar 64,84 dan hasil posttest sebesar 82,65. Berdasarkan hasil dari nilai pretest dan posttes siswa menunjukkan adanya peningkatan dan hasil dari analisis hasil validasi serta respon siswa dan guru menunjukkan bahwa Modul digital dikatakan efektif dengan menunjukkan keberhasilan dengan baik

Keywords


Modul digital, matematika, model contextual teaching and learning

Full Text:

PDF

References


Alyusfitri, R., Sari, S. G., Jusar, I. R., & Pratiwi, N. (2023). Pengembangan E Modul Berbasis Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Contekstual Teaching and Learning Untuk Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 302–312. https://doi.org/10.31004/cendekia. v7i1.1750

Etanastia, D., Jaya, W. S., & Noviyana, H. (2019). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 1 Sukau Tahun Ajaran 2021/2022. 44(12), 2–8

Huda, A. K. (2022). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh Penggunaan E-Modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja. VOLT : Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11–16. https://doi.org/10.30870/volt.v2i1.1478

Jannah, Y. M., & Mudiono, A. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Game Based Learning Materi Pengukuran Dengan Penguatan Karakter Gemar Membaca dan Menghargai Prestasi. Jurnal Gantang, 2(2), 179–189.

Kuncahyono. (2018). Pengembangan E-Modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 2(2), 219–231. https://doi.org/10.32934/jmie.v2i2.75

Laili, I., Gnefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315.

Nurhidayah, A. S. (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Himpunan Dengan Menggunakan Pendekatan Contextual teaching and learning (CTL). Journal on Education, 2(1), 143–154. https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.284

Oktaviana, N., Nayazik, A., Arga, H., & Rani, D. (2019). Efektivitas Penerapan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Materi Satuan Panjang Kelas 3 SD. Journal of Information Education, 2(1), 32– 40.

Setiyo, E., & Harlin, Z. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash Flip Book pada Mata Kuliah Elemen Mesin 1 di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 1– 6.

Suryani, K., Utami, I. S., Khairudin, K., Ariska, A., & Rahmadani, A. F. (2020). Pengembangan Modul Digital berbasis STEM menggunakan Aplikasi 3D FlipBook pada Mata Kuliah Sistem Operasi. Mimbar Ilmu, 25(3), 358–367. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/28702

Teni, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur’an, Hadist, Dan Tarbiyah, 03(01), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1321/2/022099

Wardani, D. A., & Susilowibowo, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flipbook Sebagai Pendukung Implementasi Pembelajaran Scientific Approach Dalam Pembelajaran Daring Pada Materi Persediaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15(2), 231–241. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i2.26410

Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3728–3739. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265


Refbacks

  • There are currently no refbacks.