Pengaruh model kooperatif tipe tgt berbantuan media papan multifungsi terhadap hasil belajar kelas IV SD

Nina Maharani, Vivi Rulviana, Apri Kartikasari HS

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe team game tournament berbantuan media papan multifungsi terhadap hasil belajar materi FPB dan KPK siswa kelas 4 SDN 02 Pandean Kota Madiun. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperumental Design, oleh karena itu desain penelitian menggunakan konsep pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa SDN 02 Pandean Kota Madiun yang berjumlah 56 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel penelitian sebanyak 56 siswa, dimana 28 siswa kelas IVA sebagai kelas control dan 28 siswa kelas IVB sebai kelas eksperimen. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukan perbedaan hasil belajar siswa ketika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament berbantuan media papan multifungsi . maka dari itu dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukan adanya pengaruh model kooperatif tipe team games tournament berbantuan media papan multifungsi terhadap hasil belajar siswa.


Keywords


Model kooperatif TGT, papan multifungsi, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Deiwiyanti, N. K. (2018). Peingaruih Modeil Peimbeilajaran Teiam Gameis Touirnameint (TGT) Beirbantuian Meidia Peirmainan Uilar Tangga teirhadap Hasil Beilajar Mateimatika. Juirnal Imiah Peindidikan Dan Peimbeilajaran, 2(1).

Juirnal, L., Suirya Hamdani, M., & Widi Wardani, K. (2019). Peineirapan Modeil Peimbeilajaran Teiam Gameis Touirnamein (TGT) pada Peimbeilajaran Teimatik Teirpadui Keilas 5 uintuik Peiningkatan Keiteirampilan Kolaborasi. Juirnal Ilmiah Seikolah Dasar, 3, 440–447.

Karim, I. (2018). Peingaruih Modeil Peimbeilajaran TGT (Teiams Gameis Touirnameint) Beirbantuian Meidia GAMTAHAN DOCARD Teirhadap Minat Beilajar Mateimatika (Peineilitian teirhadap Siswa Keilas IV SD Neigeiri Suitopati 1 Keicamatan Kajoran Kabuipatein Mageilang) (Doctoral disseirtation, Skripsi, Uiniveirsitas Muihammadiyah Mageilang).

Khairuinnisa, K. (2022). Peingaruih Peingguinaan Meidia Papan Muiltifuingsi (Muisi) teirhadap Hasil Beilajar Siswa pada Peimbeilajaran Mateimatika Keilas IV Mateiri KPK dan FPB di MIN 2 Tapin.

Luithfiyah, R. M., Tauifiq, M., & Ghuifron, S. (2020). Meita-Analisis Peingaruih Modeil Peimbeilajaran Teiams Gameis Touirnameint Teirhadap Hasil Beilajar di Seikolah Dasar. SEiJ: School Eiduication Jouirnal, 10(4), 297-305.

Puirnamasari, Y. (2014). Peingaruih modeil peimbeilajaran koopeiratif tipei teiams gameis touirnameint (TGT) teirhadap keimandirian beilajar dan peiningkatan keimampuian peinalaran dan koneiksi mateimatik peiseirta didik SMPN 1 kota Tasikmalaya. Juirnal Peindidikan dan Keiguiruian, 1(1), 209664.

Rahmadani, R., & Tauifina, T. (2020). Peingeimbangan muiltimeidia inteiraktif beirbasis modeil probleim baseid leiarning (pbl) bagi siswa seikolah dasar. Juirnal basiceidui, 4(4), 938-946.

Rahmayanti, V. (2016). Peingaruih minat beilajar siswa dan peirseipsi atas uipaya guirui dalam meimotivasi beilajar siswa teirhadap preistasi beilajar bahasa Indoneisia siswa SMP di Deipok. SAP (Suisuinan Artikeil Peindidikan), 1(2).

Ramdhania, S., Istiqfaroh, N., & Syaria, S. (2022). Peiningkatan Hasil Beilajar dalam Peimbeilajaran Mateimatika Mateiri FPB & KPK meilaluii Meidia Peimbeilajaran Papan Muisi pada Siswa Keilas IV di SDN Damarsih Sidoarjo. Juirnal Ilmui Peindidikan Seikolah Dasar, 9(3), 205-221.

Suidimahayasa, N. (2015). Peineirapan modeil peimbeilajaran TGT uintuik meiningkatkan hasil beilajar, partisipasi, dan sikap siswa. Juirnal Peindidikan dan Peingajaran, 48(1-3).

Suiryani, A., Suiarjana, I. M., & Artini, H. (2020). Peineirapan Modeil Peimbeilajaran Koopeiratif Tipei TGT (Teiams Gameis Touirnameint) Beirbantuian Cara Seingkeidan dan Meitodei Beirnyanyi uintuik Meiningkatkan Hasil Beilajar Mateimatika Mateiri Faktor dan Keilipatan. Indoneisian Geindeir and socieity jouirnal, 1(1), 29-34.

Tafonao, T. (2018). Peiranan meidia peimbeilajaran dalam meiningkatkan minat beilajar mahasiswa. Juirnal komuinikasi peindidikan, 2(2), 103-114.

Yonanda, D. A., Kuirino, Y. D., & Rahmayanti, N. (2021, Seipteimbeir). Peingguinaan Meidia Papan Muisi (Muiltifuingsi) Uintuik Meiningkatkan Hasil Beilajar Siswa Dalam Mata Peilajaran Mateimatika. In Prosiding Seiminar Nasional Peindidikan (Vol. 3, pp. 118-122).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.