Peran Media Papan Penarikan Akar Pangkat Tiga (PAPA ANGGA) untuk Meningkatkan Keterampilan Matematika pada Siswa SD

Taupik Hidayat, Rissa Prima Kurniawati, Diyan Marlina

Abstract


Beberapa permasalahan sering terjadi pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Permasalahannya yaitu banyak siswa yang hanya menghafal rumus dan siswa kurang berlatih dalam mengerjakan soal cerita. Dan juga siswa lebih suka bermain daripada belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media PAPA ANGGA terhadap kemampuan matematika pada siswa SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah posttest dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa . Hasil penelitian membuktikan bahwa posttest siswa kelas eksperimen dan kelas control adalah (3,10 ≥ 2,01), sehingga H1 diterima sedangkan Ho ditolak. Dengan demikian penulis menyimpulkan bahwa terdapat   pengaruh penggunaan media papan cerdas perkalian untuk hasil belajar matematika siswa kelas 5 di SDN Ngegong.

Keywords


Hasil Belajar; Keterampilan Matematika; Media PAPA ANGGA

Full Text:

PDF

References


Heruman. (2014). Model pembelajaran Matematika di Sekolahl Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Jumri, R., & Murdiana, M. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dengan Resource Based Learning. Aksioma, 11(1), 1–7.

https://doi.org/10.22487/aksioma.v11i1.19 01

Lesari, E.K., & Tudhanegara, M.R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandug: PT.Refikal Aditama

Muhlisrarini, & Ali, H. (2012). Perencanaan dan strategi pembelajaran matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Murdiana, M., Jumri, R., & Damara, B. E. P. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 152–160. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11450

Nunuk, S., & Leo, A. (2014) .Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Riyanto,Y. (1996).Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Ronald, A. (1987). Pemilihan dan pengembangan media untuk pembelajaran. Jakarta: Rajawali

Rostina, S. (2018). Media dan Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Depdikbud

Utami, U.B., Purnamasari, V.,& Supandi, S. (2017). Keefektifan Media Papan Cerdas Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas II di SD Negeri 4 Sidodadi. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar),7(1)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.