Upaya meningkatkan keterampilan berbicara dengan pemanfaatan media gambar pada kelas 5 di SDN 01 Winongo

Deski Setyo Wuriyani, Heny Kusuma Widyaningrum, Ike Yusda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dengan pemanfaatan media gambar pada Kelas V di SDN 01 Winongo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V, yang terdiri dari 15 anak yaitu 10 anak laki dan 5 anak perempuan. Penelitian yaitu peningkatan keterampilan berbicara menggunakan media gambar. Model penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Metode pengumpulan information yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis information menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari upaya meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan media gambar yang di dalamnya ada interaksi antara master dengan anak melalui kegiatan menjawab pertanyaan, menceritakan kembali isi cerita, dan bercerita tentang pengalaman pribadi yang dimiliki anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra tindakan, keterampilan berbicara pada kriteria baik (10.00%). Pada siklus 1 meningkat menjadi (16.67%), dan pada siklus II meningkat menjadi (36.67%). Peningkatan yang terjadi dari hasil pra tindakan sampai pada siklus I sebesar 6.67% dan pada siklus I sampai siklus II peningkatan yang terjadi sebesar 20%, jadi peningkatan yang terjadi dari hasil pra tindakan sampai pada siklus II sebesar 26.67%. Dari hasil yang diperoleh, maka keterampilan berbicara anak dapat ditingkatkan dengan menggunakan media gambar

Keywords


Media gambar, keterampilan berbicara

Full Text:

PDF

References


Aini, Q., & Relmasira, S. C. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(2), 124–132. https://doi.org/10.17977/um009v27i22018p124

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.

Emiliana. (2018). Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Media Gambar Di Kelas V Sdn 04hulu Sungai Ketapang. Journal of the American Chemical Society, 123(10), 2176–2181. https://shodhganga.inflibnet.ac.in/jspui/handle/10603/7385

Melinda. (2021). Analisis problematika pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 pada masa pandemi covid-19 di sdn 139 palembang skripsi. Universitas Sriwijaya.

Muna, E. N., Degeng, I. N. S., & Hanurawan, F. (2019). Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1557. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.13045

Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Development of Project-Based Blended Learning Model to Support Student Creativity in Designing Mathematics Learning in Elementary School. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82–90.

Setya Raharja. (2019). MODEL pembelajaran berbasis lms ( learning management system ) dengan pengembangan software moodle ( modular object-oriented dynamic learning environment ) di sman kota model pembelajaran berbasis learning management system ( lms )) dengan. Universitas negeri yogyakarta Laporan HB LMS e Learning Tahun I 2010, November.

Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270.

Widyaningrum, H. K. (2019). Penerapan Media Audio Cerita Rakyat Lokal Magetan Untuk Menumbuhkan Nilai Religius Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 8(2), 99-107.

Widyaningrum, H. K., & Pratiwi, C. P. (2019). Media Komik pada Materi Cerita Dongeng untuk Keterampilan Membaca Siswa Kelas III. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 37-45.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.