Penerapan Modul Literasi Digital Berbasis Budaya Lokal Madiun untuk Meningkatan Kemampuan Literasi Siswa Kelas V SDN 02 Klegen Madiun

Daffa Adhiza Ilfani, Vivi Rulviana, Sri Budyartati

Abstract


Modul literasi digital adalah sebuah pengembangan model literasi yang didesain dengan IT untuk lebih menarik dan lebih mudah untuk diakses dimanapun dengan alat elektronik. Penelitian ini dilakukan disekolah SDN 02 Klegen dengan sasaran siswa kelas V. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan modul literasi digital berbasis budaya lokal Madiun untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas V SDN 02 Klegen Madiun dan keuntungan yang diperoleh dari penerapan modul tersebut. Penelitian ini melibatkan guru kelas dan 28 siswa kelas V  SDN 02 Klegen. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada pra skilus hasil nilai ketuntasan hanya 7% setelah dilakukan penerapan hasil siklus I dengan nilai rata-rata 71,3 atau 54% mencapai ketuntasan kemudian dilanjutkan siklus II mendapatkan nilai rata-rata 82,35 atau 96% mencapai ketuntasan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan modul literasi digital berbasis budaya lokal Madiun dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas V SDN 02 Klegen. Keuntungan yang diperolah dalam penelitian ini meningkatkan kemampuan literasi siswa, menambahkan pengetahuan budaya lokal Madiun, meningkatkan kemampuan IT siswa, dan menambah media belajar literasi siswa.

Keywords


Modul Literasi Digital; Budaya Lokal; Kemampuan Literasi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Awaliyah, A. N. (2019). Literasi Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Seni Budaya Kelas VIII SMPN 27 Makassar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hamid, M. A., Aribowo, D., & Desmira, D. (2017). Development of Learning Modules of Basic Electronics-Based Problem Solving in Vocational Secondary School. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(2), 149. https://doi.org/10.21831/jpv.v7i2.12986

Lufiah, S., Retno, R. S., & Dewi, C. (2022). Pengembangan Modul Literasi Digital Berbasis Budaya Lokal Madiun Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah …, 3. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/ 3045%0Ahttp://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/download/3045/2407

Ninawati, M., & Wahyuni, N. (2020). Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Literasi Menulis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(1), 51–59. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.12056

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. http://journal.uin-alauddin.ac.id/indeks.php/PendidikanFisika

Setiyawan, A. (2013). Budaya lokal dalam perspektif agama: Esensia, XIII(Humaniora), 1–20.

Siahaan, N. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Prociding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2, 649–651.

Siti M, Herimanto, A. A. M. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Mandiri Menggunakan Modul Digital Dan Modul Cetak Terhadap Hasil Belajar Sejarah Ditinjau Dari Minat Baca Siswa. Education, 18(2), 29–43.

Yulisnawati Tuna, & Kualitas, P. (2021). Literasi Digital Dalam Pembelajaran di SD Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2005(November), 388–397.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.