Keefektifan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Hudi Rizkianto, Heny Kusuma Widyaningrum, Lingga Nico Pradana

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui Keefektifan Media Pop-Up Book Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SDN 03 Madiun Lor. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 03 dari bulan April sampai bulan Juni tahun 2023. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif dengan jenis metode Quay Eksperimental dengan jenis penelitian Posttest control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 03 Madiun Lor. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik Quasy Eksperimental Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan teknik tes (posttest). Uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran dengan media Pop-Up Book berpengaruh terhadap hasil belajar tematik yang ditunjukan rerata 73,83 untuk kelas kontrol sedangkan untuk kelas Eksperimen memiliki rerata 82,33 setelah menggunakan media Pop-Up Book. Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Pop-Up Book terhadap hasil belajar siswa.

Keywords


Media Pop-Up Book; Hasil Belajar; Tematik

Full Text:

PDF

References


Anisa, N. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Pop Up Book Tema Cita-Citaku Kelas Iv Sekolah Dasar.

Febrianto, M. F. M. (2014). Jurnal Pendidikan Seni Rupa, Volume 2 Nomor 3 Tahun 2014, 146-153. 2.

Fitriani, D., Fauzy, T., & Jaya, M. (2020). Pengaruh Media Pop Up Book Berbasis Cerita Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) Di Paud Al-Huda Palembang Tahun 2019. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 15–26. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4177

Haji, S. (2015). Pembelajaran Tematik Yang Ideal di Sd/Mi.

Hasanah, U. (2019). Program Studi Pendidikan Guru Madasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bengkulu Tahun, 2019 M/ 1440 H.

Hidayah, N. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. 2.

Mar’atusholihah, H., Priyanto, W., & Damayani, A. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Ular Tangga Berbagai Pekerjaan. 7(3).

Misdar, M., Idi, A., Isnaini, M., Mardeli, M., Zulhijra, Z., & Syarnubi, S. (2017). Proses Pembelajaran Di Program Studi Pendidikan Agama Islam Fitk Uin Raden Fatah Palembang. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 52. https://doi.org/10.19109/Tadrib.v3i1.1382

Mukholifah, M., Tisngati, U., & Ardhyantama, V. (2020). Mengembangkan Media Pembelajaran Wayang Karakter Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 673–682. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.152

Mulyati, A. (2022). Efektivitas Media Pop Up Book. 4(2).

Ningsih, R. A. P., & Wardani, N. S. (2021). Pengembangan Aplikasi Keliling Nusantara sebagai Media Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2278–2283. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1141

Purnamasari, D., & Sutarna, N. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Pop Up Book Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Lensa Pendas, 5(2), 28–34. https://doi.org/10.33222/jlp.v5i2.1639

Rahmawati, N. (2014). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Putera Harapan Surabaya.

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2).

Setiana, N. (2016). Pengaruh Implementasi Pendekatan Tematik Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Ulfa, M. S., & Nasryah, C. E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pop – Up Book Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44

Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 1. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.857

Wardhany, A. P., Erlani, L., & Nara, H. (2022). Pengembangan Pop Up Book untuk Pembelajaran IPA dalam Mengenalkan Bagian Tubuh Hewan Bagi Anak Autisme. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 317–323. https://doi.org/ 10.29303/jipp.v7i2.396


Refbacks

  • There are currently no refbacks.