Pengembangan media pembelajaran komik digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas v pada pembelajaran tematik

Novia Ramadhanti Putri, Heny Kusuma Widyaningrum, Eka Nofri Ari Yanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran komik digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pembelajaran tematik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April dan berakhir pada bulan Juni 2023. Penelitian ini termasuk dalam penelitian jenis Research and Development (R&D)dengan menggunakan metode penelitian ADDIE. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 02 Mojorejo Kota Madiun. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data berdasarkan hasil wawancara, angket/kuisioner, tes. Uji validitas pada media pembelajaran komik digital yang dikembangkan dilakukan oleh dua ahli yaitu ahli pembelajaran yang didalamnya meliputi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, tata bahasa, dan kepraktisan produk yang mendapatkan hasil uji kelayakan sebesar 91,76%. Ahli selanjutnya merupakan ahli media yang meliputi ukuran desain komik digital, desain cover komik digital, desain isi komik digital, dan kepraktisan komik digital yang medapatkan hasil uji kelayakan sebesar 87,5%. Berdasarkan hasil uji validitas yang telah didapatkan tersebut maka disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran komik digital terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V pada pembelajaran tematik dinilai layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. 


Keywords


Media Pembelajaran Komik Digital; Kemampuan Berpikir Kritis; Pembelajaran Tematik

Full Text:

PDF

References


Abduh, M., Nugroho, & Siskandar. 2014. Evaluasi Pembelajaran Tematik di Lihat Dari Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of curriculum and educational technology studies, 1(1) :1-9.

Aghni, R.I. 2018. Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Akuntansi. Jurnal pendidikan akuntansi Indonesia, 16(1), 98-107.

Ain, N. & Kurniawati, M. 2012. Implementasi Kurikulum KTSP: Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang, 1-13.

Akbar, A.D.I., Sulistiani, I.R., & Ertanti, D. W. (2019). Penerapan Media Visual Berbasis Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas II Pelajaran Akidah Akhlak Di MI Attaraqie Putra Malang. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 8-18

Amir, M.F (2015). “Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar”. Jurnal pada Math Educator Nusantara, (01), 163.

Anggraeni, A.D. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Biologi Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Untuk Siswa Kelas VII SMP.

Armina, L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Tema Indahnya Persahabatan Kelas III SD/MI. 2019 PhD Thesis UIN Raden Intan Lampung.

Barokah, U. S. (2019). Pengembangan Komik Digital Berbasis Nilai Karakter Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Untuk SMA Kelas XI.

Feni Andayani., Luthfi Hamdani Maula., Astri Sutisnawati. (2020). Pengembangan Media Komik Berbasis Digital Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Metamorfosis Di Kelas Tinggi. Journal STKIP, 3(2),308-316.

Hakim, A.F. (2017). Pengembangan Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Alat-Alat Pembayaran Internasional Pada Materi Perekonomian Terbuka. Skripsi.UNY.

Hidayah, K. M. N. (2019). Pengembangan Media Komik Digital Menggunakan Pixton Disertai Quiz (Kahoot) Pada Konsep Sistem Gerak (Bachelor’s thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Hidayah, Y. F., Siswandari, S., & Sudiyanto, S. (2018). Pengembangan media komik digital akuntansi pada materi menyusun laporan rekonsiliasi bank untuk siswa smk. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 239-250

Irfana, N. (2017). Pengembangan Komik Digital “Let’s Learn About Virus” Sebagai Media Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X SMA (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Kustianingsih, N., Dewi, U. (2015). Pengembangan Media Komik Digital pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema Lingkungan Sahabat Kita Materi Teks Cerita Manusia dan Lingkungan untuk Siswa Kelas V SDN Putat Jaya III/379 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 6(2). 1-9.

Laksana S.D, (2015). “Komik Pendidikan Sebagai Media Inofatif Mi/Sd”. Jurnal pada Ta’allum, (Vol.3), 157.

Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mawaddah. M. (2016). Pengembangan Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Etiket Makan Di Dalam Keluarga. UNY.

Musdalifah, I. (2016). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran Matematika Materi Pengelolahan Data di Kelas V MI Darussalam Curahmalang Jombang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Noning. (2018). Efektivitas Komik Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pencemaran Lingkungan SMP Negeri 1 Air Besar. JPPK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(1).

Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 111–117.https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587

Nurhayati, I. Hidayat, S, & Asmawati, I. (2019). Pengembangan Media Komik Digital Pada Pembelajaran PPKn Di SMA JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Instructional Research Journal, 6(1).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1). 171-187.

Oktarina, D.A. Kasmansyah, K., & Ernalida, E. (2020). Pengembangan Media Komik Digital Untuk Pembelajaran Menulis Cerpen Peserta Didik Kelas IX SMPN 36 Palembang. (Doctoral Dissertation, Sriwijaya University). Indonesia Journal of Primary Education, 2(2), 28-33.

Putra, T. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Trigonometri (Doctoral Dissetration, Universitas Negeri Semarang).

Rahmawati, C. (2019). Hubungan Fungsi Media pembelajaran Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Gugus Jendral Sudirman Kabupaten Demak. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Saragih, S. (2018). Efektifitas Pemanfaatan Media Pembelajaran Yang Menarik. TAZKIYA, 7(1).

Suhartini & Martyani. (2017). “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika”. Jurnal pada Jurnal Gantang Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Alam Ata Yogyakarta, (2), 107.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv.

Yunia, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Biologi Berbasis Nilai Karakter Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Untuk Kelas VII MTs Negeri I Bandar Lampung (Doctoral dissertation, IAIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK : Jurnal Inovasi dan Teknologi, 19(1), 75-82


Refbacks

  • There are currently no refbacks.