Kreativitas guru dalam pembelajaran tematik kelas tinggi di sdn 01 manisrejo madiun

Rizky Amalia Gita Utami, Fida Chasanatun, Vivi Rulviana

Abstract


Sebagian besar guru mengalami kendala dalam menerapkan pendekatan tematik dalam proses pembelajaran. Karena kurangnya keterampilan mengajar, mereka hanya mengetahui cara mengajar dengan metode ceramah sehingga membuat siswa cepat bosan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research atau riset lapangan. Subjek yang digunakan dalam penelitian merupakan guru kelas tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menggambarkan informasi yang diperoleh di lapangan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasi ini kemudian dianalisis, dan analisis induktif digunakan untuk menarik kesimpulan. Penelitian ini ditemukan bahwa guru kelas tinggi di SDN 01 Manisrejo mengalami daya kreatif yang belum maksimal. Guru belum mampu untuk menciptakan suasana yang kondusif saat proses pembelajaran berlangsung. Ditemukan bahwa guru masih tetap perlu meningkatkan kreativitasnya dalam mengajar untuk membuat proses belajar mengajar yang kreatif.


Keywords


Kreativitas; guru; pembelajaran tematik

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Ali, M. (2012). Pendidik profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ameri, H., Yazdi, M., & Bahrami, A. (2017). Pseudophillipsia (Carniphillipsia) (Trilobite) from the permian jamal formation, Isfahan, Iran. Journal of Sciences, Islamic Republic of Iran, 28(4), 325–336.

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sd. Jurnal Basicedu, 2(2), 11–21. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.42

Aqib, z. (2017). Penelitian tindakan kelas (PTK) TK/RA, SLB/SDLB . Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Asmani, J. M. (2009). Great Teacher!: Kiat Sukses Menjadi Guru Inspiratif, Inovatif, dan Motivatif. Yogyakarta: DIVA press.

Batubara, D. S. (2019). Studi Kasus Tentang Kreativitas Guru Pada Pembelajaran Tematik Integratif Di Sd Anak Saleh Malang. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 47. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v4i1.1626

Dr. Farida Nugrahani, M. (2014). METODE PENELITIAN KUALITATIF dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. surakarta: cakra books.

Fitrah, M. (2018). Metodologi penelitian: penelitian kualitatif, tindakan kelas & studi kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Hadisi, L., Ode Astina, W., & Wampika, D. (2017). PENGARUH KREATIVITAS MENGAJAR GURU TERHADAP DAYA SERAP SISWA DI SMK NEGERI 3 KENDARI. In Jurnal Al-Ta’dib (Vol. 10, Issue 2).

Hidayah, N., Pgmi, J., Tarbiyah, F., & Keguruan, D. (2015). Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. TERAMPIL Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2, 34–49.

Hamid, A. (2017). GURU PROFESIONAL. Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan , 277.hus

Husnani, Zaibi, Rollies, B. (2019). Tantangan Guru di Era Kekinian. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 348–356.

Julrissani, J., Parid, M., & Kusainun, N. (2020). Membangun Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Sd Muhammadiyah Karangbendo. El Midad, 12(1), 1–17. https://doi.org/10.20414/elmidad.v12i1.1757

Juniati, E. (2018). Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Tematik pada Kurikulum 2013 di SD Negeri 34/I Teratai. Artikel Ilmiah, 1–21. https://repository.unja.ac.id/4736/1/ARTIKEL EKA J.pdf

Kunandar. (2011). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan …, 46. http://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/alfalahjikk/article/view/26%0Ahttp://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/alfalahjikk/article/download/26/95

Mahmud, H., Isnanto, I., & Sugeha, J. (2022). Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kota Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 779. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.779-784.2022

Makmur, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Metode Base Method dalam Meningkatkan Kreativitas dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMPN 10 Padangsidimpuan. EduTech, 1 No 1 Mar(1), 108. http://dx.doi.org/10.30596%2Fedutech.v1i01.264

Makmur Wilson, A. (2009). Creativity in Primary Education. British: Learning Matters Ltd.

Moh.Mukhlis. (2012). Pembelajaran Tematik PEMBELAJARAN TEMATIK Mohamad Muklis STAIN Samarinda. Fenomena, IV(14), 66.

Novauli, F. (2012). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri di Kota Banda Aceh. Jurnal Pencerahan, 6(1), 17–32.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Prastowo, A. (2019). Analisis pembelajaran tematik terpadu. Prenada Media.

Prof. Dr. A. Muri Yusuf, M.Pd. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan, (Jakarta: Kencana, 2019, Cet V), h. 372.

Smpn, D. I., & Suliki, K. (2022). Kreativitas Guru Pai Dalam Menciptakan Situasi Belajar Efektif Pada Kelas Vii. 1(4).

Sungkono, S. (2006). Pembelajaran Tematik Dan Implementasinya Di Sekolah Dasar. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 2(1), 51–58.

Ummul Khairina, D. I. (2022). KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENCIPTAKAN SITUASI BELAJAR EFEKTIF PADA KELAS VII DI SMPN 1 KECAMATAN SULIKI. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya Vol.1, No.4 Desember 2022, 71.

Utomo, U., & Azimah, N. (2018). Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Lagu-Lagu Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Seni Musik, 7(1), 25–33. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsm/article/view/24335

Widyaningrum, R. (2012). MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI/SD. Cendekia Vol. 10 No. 1 Juni 2012, 113.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.