Analisis kesalahan berbahasa Indonesia tataran ejaan dalam karangan siswa

Nur Afiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa Indonesia tataran ejaan dalam karangan siswa kelas IV SD Negeri Sukowiyono 4. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sukowiyono 4 tahun pelajaran 2017/2018. Data diperoleh dari analisis dokumen yaitu kesalahan berbahasa Indonesia tataran ejaan dalam karangan siswa selama satu semester. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data. Analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif.  Hasil penelitian ini menunjukkan bentuk kesalahan ejaan dalam karangan siswa kelas IV SD Negeri Sukowiyo 4 adalah kesalahan penggunaan tanda baca pada karangan 1 sebanyak 85 kesalahan dan karangan 2 sebanyak 56 kesalahan, kesalahan penulisan kata pada karangan 1 sebanyak 35 kesalahan dan karangan 2 sebanyak 22 kesalahan, kesalahan penggunaan huruf kapital pada karangan 1 sebanyak 162 kesalahan dan karangan 2 sebanyak 89 kesalahan.


Keywords


kesalahan berbahasa; bentuk kesalahan ejaan; karangan siswa

Full Text:

PDF

References


Ariningsih, N. E., Sumarwati, & Saddono, K. (2012). Analisis kesalahan berbahasa indonesia dalam karangan eksposisi siswa sekolah menengah atas. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. 1(1), 40-53.

Dalman. (2016). Keterampilan menulis, Jakarta: Rajawali Pers.

Dewi, N. A., Rasna, I., & Sudiara, I. S. (2014). Analisis kesalahan bahasa indonesia pada esai mahasiswa jurusan pendidikan bahasa dan sastra indonesia: sebuah kajian ejaan, diksi, dan struktur. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha. 2(1) , 1-10.

Finoza, L. (2005). Komposisi bahasa indonesia untuk mahasiswa nonjurusan bahasa, Jakarta: Penerbit Diksi Insan Mulia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, P. P. (2016). Pedoman umum ejaan bahasa indonesia, Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Miles, M. B., Huberman , A. M., & Saldana , J. (2014). Qualitative data analysis a methods sourcebook edition 3, Amerika: SAGE Publications, Inc.

Saddono, K., & Slamet, S. Y. (2012). Meningkatkan keterampilan berbahasa indonesia (teori dan aplikasi), Bandung: Karya Putra Darwati.

Setyawati, N. (2010). Analisis kesalahan berbahasa indonesia teori dan praktik, Surakarta: Yuma Pustaka.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa, Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G., & Tarigan, D. (2011). Pengajaran analisis kesalahan berbahasa, Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.