Kelayakan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Website Tema Menjelajah Angkasa Luar Pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Wahyu Putri Pamungkas, Nur Samsiyah, Hartini Hartini

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran wordwall berbasis website tema menjelajah angkasa luar pada siswa kelas VI SD yang diterapkan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Prosedur penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation and evaluation). Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas VI sekolah dasar di SDN 04 Madiun Lor. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) media pembelajaran wordwall berbasis website tema menjelajah angkasa luar pada siswa kelas VI Sekolah Dasar dengan menggunakan model ADDIE 2) media pembelajaran wordwall berbasis website tema menjelajah angkasa luar pada siswa kelas VI SD yang dikembangkan memenuhi kriteria “sangat layak” dengan persentase ahli media sebesar 90%, ahli materi sebesar 92%. Adapun tingkat kelayakan pada media pembelajaran wordwall berbasis website sangat layak untuk siswa kelas VI sekolah dasar oleh responden yaitu pada respon siswa sebesar 88,8% dengan kriteria “sangat layak” dan respon guru sebesar 94% dengan kriteria “sangat layak”.


Keywords


Kelayakan; Media Pembelajaran; Wordwall; Website

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560

Fajri, Z. (2018). Bahan Ajar Tematik Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. Pedagogik, 05(01), 100–108.

Hermiyanto, D. L., & Wahyudi. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pomewall (Media Pop Up dan Game Wordwall) untuk Pembelajaran Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4644–4648. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1104

Hidayah, S. N., & Prasetyo, T. (2022). Pengembangan Media Game Edukasi Tematik Berbasis Web Wordwall Berpadukan Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. In JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. 5, Issue 7). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.732

Imanulhaq, R., & Prastowo, A. (2022). Edugame Wordwall : Inovasi Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pedagogos : Jurnal Pendidikan STKIP Bima, 4(1), 33–41. https://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/gg/article/view/639/429

Latifah, U., & Damayanti, M. I. (2022). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Platform Wordwall.Net Untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Pgsd, 10(6), 1415–1424.

Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Creative Thinking Ability in Solving Open-Ended Mathematical Problems Viewed From the Level of Mathematics Ability of Elementary School Students. PEDAGOGIA: Journal of Education, 4(1), 23–33.

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(5), 2854–2860. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.162

Nurfauziyah, N., Sjaifuddin, S., & ... (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Wordwall Pada Tema Siaga Bencana Untuk Siswa …. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 8(1), 15–23. https://doi.org/10.31604/eksakta.v8i1.15-23

Oktariyanti, D., Frima, A., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4093–4100. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1490

Olisna, Zannah, M., Sukma, A., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Game Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4133–4143.

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452–457.

Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=jeCxDwAAQBAJ&lpg=PR1&hl=id&pg=PA4#v=onepage&q&f=false

Puspa, K. C. D., & Suniasih, N. W. (2022). Pembelajaran Media Game Edukasi Berbasis Website Pada Muatan IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44879

Putra, S. D., Aryani, D., & Ariessanti, H. D. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Gamifikasi Wordwall Di Era Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Menerangi Negeri, 4(1), 83–90. https://doi.org/10.33322/terang.v4i1.1453

Rizqy Ana, R. F. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Mengajar Guru Menggunakan Media Visual. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(2), 50–65. https://doi.org/10.36379/autentik.v4i2.65

Rosyid, M., Sa’diyah, H., & Septiana, N. (2019). Ragam Media Pembelajaran. CV. Literasi Nusantara Abadi.

Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047

Sari, W. N., Gustanu, P., Suprayitno, M., Etriya, R., & Aprilia, C. A. (2022). Penerapan Video Pembelajaran IPA dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Kelas V SD N Pulorejo 02. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2795–2800. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.744

Satriani. (2018). Inovasi Pendidikan: Metode Pembelajaran Monoton ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus). Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(1), 47–54. https://doi.org/10.30984/jii.v10i1.590

Soprihatin, P. Y., & Haqiqi, A. K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Simulasi Interaktif Berbasis Adobe Flash Materi Suhu Dan Kalor. Journal of Teaching and Learning Physics, 6(2), 129–138. https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i2.12438

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. CV. Alfabeta, Bandung.

Wulandari, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Dasar-Dasar Algoritma Dan Pemprograman Untuk Siswa Kelas X SMK Nasional Berbah. In Sk. Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.