Pengembangan Multimedia Flipbook Untuk Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Kelas V SD Negeri 02 Mojorejo

Tama Sofiyana Putri, Heny Kusuma Widyaningrum, Diyan Marlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan multimedia flipbook untuk kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas V SD Negeri 02 Mojorejo. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan  ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek pada penelitian pengembangan media pembelajaran flipbook ini yaitu siswa kelas V Sekolah Dasar. Dalam pengembangan media pembelajaran flipbook ini memerlukan validasi dari para ahli, yaitu validasi ahli pembelajaran dan validasi ahli media. Hasil penilaian dari validator yaitu 74,28 % untuk validasi pembelajaran dan 94,11 % untuk validasi media. Selain validasi, pada penelitian ini juga membagikan angket respon kepada siswa dan guru. Angket respon siswa mendapatkan skor rata-rata 84,27  % dan angket respon guru mendapatkan skor 95 %. Selanjutnya untuk hasil tes evaluasi mendapatakan rata-rata skor sebesar 86,6 %. Berdasarkan dari penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media flipbook dengan materi cerita pendek mendapatkan kriteria kelayakan ”sangat baik”.    


Keywords


Media pembelajaran; flipbook; cerpen

Full Text:

PDF

References


Agustina, H. (2020). Pelnelrapan Moldell Pelmbellajaran Kololpelratif Tipel Rolundtablel Belrbantuan Meldia Gambar Selri Dalam Melningkatkan Kelmampuan Melnulis Celrita Pelndelk Pada Siswa Selkollah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(1), (78-79).

Dalman, H. (2018). Keltelrampilan Melnulis. Celtakan kel-6. Delpolk: PT Raja Grafindol Pelrsada.

Haryantol, Asrial, M., Elrnawati, D. W., Syahri, W., & Sanolva, A. (2019). El-Wolrkshelelt Using Kvisolft Flipbololk: Scielncel Prolcelss Skills And Studelnt Attitudels. International Journal Of Scientific & Technology Research, 8(12).

Jamilah, S. (2019). Pelngaruh Kelmampuan Belrpikir Krelatif dan Belrintelraksi Solsial telrhadap Keltelrampilan Melnulis Celrita Pelndelk Bahasa Indolnelsia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(3).

Mastini, Suwandi, S., Sumarwati. (2016). Pelningkatan Keltelrampilan Melnulis Celrpeln Mellalui Meltoldel Pelmbellajaran Belrbasis Pelngalaman dan Meldia Audiol Visual Pada Selkollah Melnelngah Pelrtama. Jurnal S2 Pendidikan Bahasa Indonesia 1(1)

Nafiah, Kiki Dzakiyatun dan Dian Indihadi. (2017). Analisis Bahan Ajar dalam Pelmbellajaran Melnulis Narasi di Selkollah Dasar. Jurnal Ilmiah Pelndidikan Guru Selkollah Dasar, 4(2).

Nurwidiyanti, A. (2022). Pelngelmbangan Meldia Pelmbellajaran Flipbololk Belrbasis Litelrasi Sains Pada Pelmbellajaran IPA Selkollah Dasar, 6(4), (6949-6959).

Wiyono, Bambang & Burhanuddin. (2007). Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitif, Kualitatif, dan Action Research). Malang: FIP Universitas Negeri Malang.

Rahayu, T., Suyata, P., & Sulistiyolnol, R. (2017). Macrolmeldia Flash Pelmbellajaran Bahasa Indolnelsia Belrbasis bahasa Lolkal Untuk. Selminar Nasiolnal Pelndidikan Bahasa Indolnelsia, 1(1), 282-291

Tafolnaol, T. (2018). Pelranan Meldia Pelmbellajaran Dalam Melningkatkan Minat Bellajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).

Zakiyah, Z., Arisandi, M dan Hidayat A. (2022). Pelngelmbangan Buku Telks Bahasa Indolnelsia Belrbasis Meldia Kolmik Digital Belrmuatan Keltelrampilan Belrpikir kritis, 6(5).

Safitri, D. R., Chasantun, F., & Pradana, L. N. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Ringkasan dengan Pemanfaatan Pojok Baca di Kelas. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 609-702.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.