Analisis Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Berbasis Komputer Untuk Penguatan Literasi Dan Numerasi Kelas V SDN Rejomulyo Kota Madiun

Tasya Anisyah Putri, Nur Samsiyah, Hartini Hartini

Abstract


Pandemi yang berlangsung sekitar kurang lebih 2 tahun menjadikan pemerintah melakukan perbaikan mutu pendidikan. Perbaikan Mutu Pendidikan salah satunya meluncurkan program Assesmen Kompetensi Minimum (AKM). Assesmen Kompetensi Minimum merupakan bagian dari Assesmen nasional yang menjadi program yang di prioritaskan untuk perbaikan mutu pendidikan. Program AKM juga menjadi hal yang sangat penting bagi guru untuk mengembangkan kerangka pembelajaran di kelas. Kerangka pembelajaran yang mengarah pada penalaran siswa dalam kemampuan literasi dan numerasi siswa. Tujuan adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan AKM serta persiapan sekolah dan siswa untuk mengikuti pelaksanaan AKM. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang diambil melalui kegiatan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sumber Data dalam penelitian ini adalah Guru kelas V, dan siswa kelas V sejumlah 5 orang di SDN Rejomulyo Kota Madiun. Temuan dalam kegiatan penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam aspek literasi dan numerasi. Hasil dari kegiatan penelitian ini adalah tentang implementasi Program Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan cara guru untuk mengembangkan kerangka pembelajaran agar siswa lebih meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi agar lebih mempersiapkan diri dalam mengikuti pelaksanaan AKM selanjutnya.


Keywords


Asesmen, Literasi, dan Numerasi

Full Text:

PDF

References


Baharuddin, M. R., Sukmawati, S., & Christy, C. (2021). Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Pecahan. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 90–101.

Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 120–134.

Deviana, T., & Aini, D. F. N. (2022). Learning Progression Guru Sekolah Dasar dalam Pengembangan Konten Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 1285–1296. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2095

Dyah Worowiras tri Ekowati, Yuni Puji Astuti, Ima Wahyu Putri Utami, InnanyMukhlis hina, & Beti Is tanti Suwandayani. (2019). (Elementary School Education Journal) Literasi Numerasi di SD Muhamadiyah. ELSE (Elementary School Educatio Journal), 3(4), 93–103.

Fauziah, A., Fitriani, E., Sobari, D., & Robandi, B. (2021). Analisis Pemahaman Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mengenai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1550–1558. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/608

Hermawan, R., & Rumaf, N. (2020). Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. 2(1), 56–62.

Iman, N., & Usman, N. (2021). Implementasi Kebijakan Sekolah Dasar dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum. 250–260.

Kartina, Missriani, & Fitriano, Y. (2022). Peningkatan Kemampuan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi Siswa Melalui Pendekatan Saintifik SMP Negeri 2 Payaraman. Wahana Didaktika, 20(1), 128–139.

Mardiana, R., Afaeni, F. N., Barokah, N., Ftik, P., & Pekalongan, I. (2021). Prosiding SEMAI Seminar Nasional PGMI 2021 Implementasi Penggunaan Komputer sebagai Alternatif Media Pembelajaran terhadap Peningkatan Kesiapan Tes AKM bagi Kelas 5 Tingkat Sekolah Dasar atau Sederajat. 143–161. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-143-

Setiawan, F., & Sukamto, S. (2021). Implementasi Kampus Mengajar Perintis (KMP) sebagai Cikal Bakal Penggerak Pembelajaran Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 339–345. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8251.

Sumbi, D., Salim, I., & Al Hidayah, R. (2019). Analisis Penerapan Literasi Membaca Pada Pembelajaran Sosiologi di SMAN 1 Pulau Maya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(2), 1–10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.