Kemampuan numerasi siswa sekolah dasar

Vera Yunita Prihapsari, Fida Rahmantika Hadi, Lingga Nico Pradana

Abstract


Tujuan dari penelitian mengkaji kemampuan numerasi pada siswa sekolah dasar yaitu ingin memberikan informasi terkait pemahaman pembelajaran numerasi siswa.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dengan kajian kepustakaan (library research). Kepustakaan merupakan kajian teoritis, referensi serta literatur ilmiah lainnya yang berkaitan dengan budaya, nilai dan norma yang berkembang pada situasi sosial yang diteliti. Penelitian studi literatur ini dilakukan untuk mengkaji teori yang berkaitan dengan sumber dan media belajar dalam penanaman nilai dan karakter siswa SD. Tahapan dalam penelitian ini sebagai berikut: Tahapan dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Penyiapan rencana topik-topik yang akan dikaji; 2) Pencarian sumber pustaka yang relevan dari beberapa sumber dan pemilihan materi kajian yang sesuai; 3) Data kajian yang didapat dari sumber pustaka kemudian digunakan sebagai acuan dalam pembuatan pembahasan dan simpulan. Hasil dan pembahasan pada kajian literatur memuat sumber dan kemampuan numerasi dalam pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan.


Keywords


Kemampuan Numerasi, Media Pembelajaran Digital

Full Text:

PDF

References


Agustina, A. P., Maruti, E. S., & Pradana, L. N. (2022). Penyelesaian masalah pecahan campuran soal cerita terhadap learning obstacles. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 602-614.

Arofa, A. N., & Ismail. (2022). Kemampuan Numerasi Siswa Ma Dalam Menyelesaikan Soal Setara Asesmen Kompetensi Minimum Pada Konten Aljabar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(3).

Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 237–247. https://doi.org/10.33387/dpi.v9i2.2299

D, D., Khasanah, M., & Putri, A. M. (2022). Penguatan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran Di Sekolah. Eksponen, 11(2), 25–35. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i2.381

Dewi, S. S., Chasanatun, F., & Pradana, L. N. (2022). Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Pembelajaran Dapat Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 978-984.

Eganovita, E. R., Chasanatun, F., & Pradana, L. N. (2022). Penerapan Realistic Mathematic Education (RME) Dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 282-287.

Goos, M., Dole, S., & Geiger, V. (2011). Improving numeracy education in rural schools: A professional development approach. Mathematics Education Research Journal, 23(2), 129–148. https://doi.org/10.1007/s13394-011-0008-1

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(9), 1–58.

Kristianto, D., & Rahayu, T. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(19), 939–946.

Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88

Maulidina, A. P. (2019). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 61–66. https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i2.3408

Muammar, M., & Suhartina, S. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 176–188. https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.728

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru Sd Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 116–123. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133

Nari, N. (2017). Penggunaan Software Geogebra Untuk Perkuliahan Geometri. International Seminar on Education 2017 Empowering Local Wisdom on Education for Global Issue. IAIN Batusangkar, 307–314. file:///C:/Users/user/Downloads/883- 2627-1-PB.pdf

Nasiba, U. (2022). Brankas Rahasia: Media Pembelajaran Numerasi Berbasis Berpikir Komputasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 521–538. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.764

Novitasari, M., Narimo, S., Fajri, D. N., & Raisia, A. (2022). Critical Thinking Skills Through Literacy and Numeration Oriented Mathematics Student Worksheet. Jurnal Basicedu, 6(4), 5775–5784. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3173

Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan Literasi Numerasi Pada Pembelajaran Matematika Dengan Soal Hots. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(9), 566–575. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org

Parnis, A. J., & Petocz, P. (2016). Secondary school students’ attitudes towards numeracy: an Australian investigation based on the National Assessment Program— Literacy and Numeracy (NAPLAN). Australian Educational Researcher, 43(5), 551–

https://doi.org/10.1007/s13384-016-0218-3

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL …, 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890

Sockman, B. R., Sutton, R., & Herrmann, M. (2016). Comic Relief: Graduate Students Address Multiple Meanings for Technology Integration with Digital Comic Creation. TechTrends, 60(5), 475–485. https://doi.org/10.1007/s11528-016-0083-y

Takaria, J., Pattimukay, N., Kaary, K. M., Takaria, J., Pattimukay, N., & Kaary, K. M. (2022). Pedagogika:Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan. 10(2), 318–327.

Yuanisya, R. F., & Pradana, L. N. (2022). Problem Solving Strategy: Model Penyelesaian Masalah Matematis dalam Kerangka Polya. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 792-802.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.