Penerapan LKPD Berbasis Higher Order Thinking Skills Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Sekarputih

Anggun Diah Ayu Miranti, Fida Chasanatun, Apri Kartikasari HS

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahu apakah penerapan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis HOTS dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas V di SDN Sekarputih. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti kepada subjek yaitu siswa kelas V SDN Sekarputih. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah  kuantitatif dan kualitatif melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan LKPD berbasis Higher Order Thinking Skills dapat meningkatkan hasil belajar IPA, meningkatkan kerjasama siswa dengan siswa yang lainnya, serta dengan menerapkan LKPD berbasis HOTS ini dapat meningkatkan keaktifan dan keterlibatan siswa dalam belajar IPA. Adapun kekurangan pada penelitian ini yaitu pengemasan soal yang sulit dipahami oleh siswa dan pembiasaan pemberian soal-soal yang bermuatan HOTS masih kurang. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.


Keywords


LKPD, Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Full Text:

PDF

References


Apriani, E., Dewi, R. S., & Andriana. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN LKPD BERBASIS HOTS KELAS IV SDN TEGAL DAWA. PREDIKSI (Profesi Pendidikan Indonesia), 1(1), 11–22.

Husnah Miftahul. (2017). HUBUNGAN TINGKAT BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Journal of Physics and Science Learning (PASCAL), 1(2), 10–17.

Lina Sugiyarti, Arif, A., & Mursalin. (2018). PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SD. Prosiding Seminar Dan DiskusiNasional Pendidikan Dasar, 439–444.

Made Wisnu Adi Pramana, Jampel, I.N., & Pudjiawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 17–32. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921

Mulyasa. (2019). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. PT Remaja Rosdakarya.

Nadifatinisa, N., & Sari, P. M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill(HOTS) Pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 344–351.

Sanjaya, W. (2016). Penelitian tindakan kelas. KENCANA PRENADA MEDIA GROUP.

Widodo Tri & Srikadarwati. (2013). HIGHER ORDER THINKINGBERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERORIENTASI PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1, 161–171.

Nadifatinisa, N., & Sari, P. M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thingking Skill(HOTS) Pada Pembelajaran IPA Materi Ekosistem Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 344–351.

Apriani, E., Dewi, R. S., & Andriana. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN LKPD BERBASIS HOTS KELAS IV SDN TEGAL DAWA. PREDIKSI (Profesi Pendidikan Indonesia), 1(1), 11–22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.