Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Project “Asyiknya Berkebun Sayur” Pada Pelajaran IPAS Di SD Taman Siswa Yogyakarta

Maya Kartika Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Project “asyiknya berkebun sayur” Pada pelajaran IPAS di SD Taman Siswa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yakni guru, dan siswa di SD Taman siswa Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Teknik analisis data dengan model Miles. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Project “asyiknya berkebun sayur” dapat membentuk karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila, yakni beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan capaian nilai karakter elemen  akhlak  terhadap  alam, berkebinekaan global dengan capaian nilai karakter elemen kolaborasi dan berkomunikasi, Gotong royong capaian komunikasi dan interaksi antar budaya, kemandirian, kritis capaian nilai karakter elemen memperoleh dan  memproses informasi  dan gagasan, Kreatif capaian nilai karakter elemen menghasilkan karya. Project Based Learning di SD Taman siswa mampu membentuk nilai-nilai karakter profil pelajar pancasila bagi semua siswa sehingga mampu meningkatkan kuliatas pendidikan.


Keywords


Karakter, Profil Pelajar Pancasila

Full Text:

PDF

References


Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Implementation of Kurikulum Merdeka in Elementary Schooll. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75.

Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2), 147–156. https://doi.org/10.31949/jee.v5i2.4230

Maharani, H. R., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016). Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Project Based Learning Materi Statiska SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif 6(2): 149-160, 2016, 6 nomer 2. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/950/883

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714

Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Restu Rahayu, D. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480

Sibagariang, D., Sihotang, H., Murniarti, E., Smk, ), & Paramitha, P. (2021). Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(2), 88–99. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdpDOI:https://doi.org/10.51212/jdp.v14i2.53

Suhardiyanto, A. (2017). Need Assesment Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Karakter Berbasis Project Based Learning Pada Sekolah Menengah Pertama Di Kota Semarang. Integralistik, 28(1), 94–104. https://doi.org/10.15294/integralistik.v28i1.11817


Refbacks

  • There are currently no refbacks.