Efektivitas model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan kognitif siswa kelas IV pada mata pelajaran ipas

Lutfia Kusumaningrum, Octarina Hidayatus sholihah, Ivayuni Listiani

Abstract


Pendidikan yang  sedang berlangsung harus mampu mempersiapkan di era globalisasi, peserta didik harus memiliki setidaknya lima kompetensi, termasuk kompetensi intelektual, personal, komunikatif, kecakapan sosial budaya, dan kemahiran kinestetik professional akan tetapi siswa enggan menunjukkan kemampuannya sehingga makna pembelajaran yang aktif dan efektif menjadi berkurang. Terdapat model pembelajaran yang di era sekarang yang tentunya dapat memberikan manfaat salah satunya model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model discovery learning efektif terhadap kemampuan kognitif siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS. Desain peneitian ini yaitu quasi eksperimen dengan pola penelitian yaitu nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini semua kelas IV se-kelurahan Winongo sebanyak 53 siswa dan sampel kelas IV SDN 01 Winongo sebanyak 40 siswa. Teknik pengumpulan data tes dan dokumentasi. Intrumen penelitian modul ajar dan soal tes (post-test). Berdasarkan hasil post-test kelas eksperimen memperoleh nilai rata – rata 85 dan pada kelas kontrol memperoleh nillai rata – rata 79. Pengujian dilakukan dengan menggunkan uji independent t-test dengan memperoleh sig. 0,009 < 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya model pembelajaran discovery learning efektif terhadap kemampuan kognitif siswa.


Keywords


Kemampuan kognitif, model pembelajaran discovery learning, IPAS

Full Text:

PDF

References


Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749

Aryzona, E. F., Asrin, A., & Syazali, M. (2023). Analisis Kompetensi Guru dan Desain Pembelajaran dalam Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran Sesuai Kurikulum Merdeka SD Negeri 1 Jantuk Tahun Pelajaran 2022-2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 424–432. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1156

Faan, E. M., Yulianto, A., & Asrul, A. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD YPK Persiapan Mirafan. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 69–75. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.832

Hadayani, D. O., Delinah, & Nurlina. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 21, 999–1015.

Hosnan. (2016). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21 (cet. 3). Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. (2020). Mengenal Model Pembelajaran Discovery Learning. Retrieved from https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/Mengenal-Model-Pembelajaran-Discovery-Learning

Kemendikbud. (2022a). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Retrieved from https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/ilmu-pengetahuan-alam-dan-sosial-ipas/

Kemendikbud. (2022b). Kurikulum Merdeka. Retrieved November 20, 2022, from https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/kurikulum-merdeka

Kemendikbud. (2022c). Mengenal Model Pembelajaran Discovery Learning. Retrieved from https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/Mengenal-Model-Pembelajaran-Discovery-Learning

Kurnia, I., Sari, W., Wulandari, R., Studi, S., & Ipa, P. (2020). Pembelajaran IPA SMP, 3, 145–152.

McComas, W. F. (2018). Programme for International Student Assessment (PISA). The Language of Science Education, 79–79. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_69

Pahrul, Y., Amalia, R., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Pahlawan, U., & Tambusai, T. (2021). Metode Bermain dalam Lingkaran untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini, 5(2), 1464–1471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.812

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Model Discovery Learning Tema Perkembangan Teknologi Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1830–1837. Retrieved from https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/677

Rusilowati Ani, Juhadi, W. A. (2022). Konsep Desain Pembelajaran Ipas Untuk Mendukung Penerapan Asesmen Kompetensi Minimal. Retrieved from https://mipa.unnes.ac.id/v3/2022/04/konsep-desain-pembelajaran-ipas-untuk-mendukung-penerapan-asesmen-kompetensi-minimal/

Vidayanti, N., Sugiarti, T., & Kurniati, D. (2017). Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 11 Jember Ditinjau dari Gaya Belajar Dalam Menyelesaikan Soal Pokok Bahasan Lingkaran. Kadikma, 8(1), 137–144.

Zen Istiarsono. (2016). Tantangan Pendidikan Dalam Era Globalisasi Kajian Teoritik. Intelegensia : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 19–24. Retrieved from https://intelegensia.web.id/index.php/intelegensia/articl e/view /78


Refbacks

  • There are currently no refbacks.