Pengembangan e-modul matematika menggunakan flipbook

Eva Kristiana, Fida Rahmantika Hadi, Lingga Nico Pradana

Abstract


Pengembangan modul ajar akan membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dengan lebih baik. Modul ajar yang relevan, sesuai dengan kebutuhan siswa, dan menggunakan bahasa yang jelas akan memudahkan siswa dalam  pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini tentang pengembangan e-modul menggunakan flipbook dalam mata pelajaran matematika sekolah dasar adalah sebagai berikut: 1) untuk mengetahui bagaimana modul ajar berbasis flipbook berkembang dalam pembelajaran matematika sekolah dasar; dan 2) untuk menentukan apakah pengembangan modul ajar berbasis flipbook sesuai dengan kebutuhan. Model penelitian ini menggunakan desain pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: analisis (analisis data), desain (perencanaan), pengembangan (pengembangan), penerapan (penerapan), dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode mixs method yaitu melakukan pengolahan data dengan kualitatif  untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan sebuah produk dan kuantitatif untuk menghitung skor persentase kelayakan dari ahli. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pada penelitian menghasilkan produk pengembangan yang berupa modul ajar berbasis flipbook dengan desain pengembangan menggunakan ADDIE, 2) kemudian hasil validasi dari beberapa ahli untuk mengetahi kelayakan modul ajar berbasis flipbook pada pembelajaran matematika sekolah dasar memperoleh kategori valid

Keywords


Pengembangan modul ajar, modul ajar flipbook, ADDIE

Full Text:

PDF

References


Ameriza, I., & Jalinus, N. (2021). Pengembangan E-Modul pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 181–186. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38571

Anggreni, N. N. D., & Agustika, G. N. S. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Problem Based Learning Materi Pecahan Kelas IV di SD No. 2 Sembung. Journal on Teacher Education, 2(3), 35–43.

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534

Awwaliyaha, H. S., Rahayub, R., & Muhlisinc, A. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Tema Cahaya. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 04, 516–523.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. http://www.aftanalisis.com

Haryanti, F., & Saputro, B. A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantuan Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Segitiga. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 147–161. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol1no2.2016pp147-161

Kurniawati, R. P., Hadi, F. R., & Rulviana, V. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Cognitive Load Theory (Clt) Pada Materi Volume Kubus Dan Balok Di Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 314. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1521

Nia, P., Widyaputri, S., Ngurah, G., & Agustika, S. (2021). Media Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Pecahan dengan Pendekatan Kontekstual. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 45–52.

Nuraeni, W. (2016). Pengembangan Bahan Pembelajaran Berbasis Modul Elektronik Berbantuan Flipbook Maker Pada Mata Pelajaran Fisika Sma. Jurnal Instruksional, 3(1), 1–23.

Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 1(2), 41–50. https://doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1508

Pradana, L. N., & Sholikhah, O. H. (2019). Mathematical Literacy Training (MLT) through Virtual based Mathematics Kits (VMK) for best mathematics performance. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012017

Puspita, L. (2019). Pengembangan modul berbasis keterampilan proses sains sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 79–88. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22530

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Alotrop, 4(1), 51–58. https://doi.org/10.33369/atp.v4i1.13709

Sari, M. (2014). Blended Learning, Model Pembelajaran Abad Ke-21 di Perguruan Tinggi. Ta’dib, 17(2), 130–136. https://doi.org/10.19109/tjie.v24i2.4833

Zakariah, M. A., Afriani, F., & Zakariah, M. (2020). Metodologi Penelitian. Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.