Pengembangan bahan ajar E-LKPD menggunakan liveworksheet materi sistem pencernaan manusia kelas V SDN 01 Manguharjo

Shelviana Shelviana, Pinkan Amita Tri Prasasti, Ivayuni Listiani

Abstract


Pendidikan diharapkan dapat memberikan kebaruan dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi, salah satunya memanfaatkan alat elektronik seperti smartphone dan laptop. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-LKPD menggunakan liveworksheet materi sistem pencernaan manusia kelas V. Jenis penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu observasi, kuesioner atau angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ahli media, ahli materi dan ahli bahasa yang memperoleh presentase dari validasi ahli media 95% dengan kategori sangat valid, ahli materi memperoleh hasil dengan presentase 76% yang masuk ke dalam kategori cukup valid, dan ahli bahasa memperoleh hasil dengan presentase 76% yang masuk ke dalam kategori cukup valid. Rata-rata presentase gabungan 82,3% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba perorangan memperoleh presentase sebesar 96%, uji coba kelompok kecil memperoleh hasil presentase rata-rata sebesar 94%, dan uji coba lapangan memperoleh hasil rata-rata 94,9%.  Bahan ajar e-LKPD menarik dan dapat diterapkan pada siswa kelas V pada pembelajaran IPA materi sistem pencernaan manusia.


Keywords


E-LKPD teaching materials, liveworksheets, science

Full Text:

PDF

References


Akbar, P. D. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Astuti, R. W., & Prasasti, P. A. T. (2019). Pengaruh Scientififc Approach dalam Pembelajaran IPA untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Siswa. Journal of Biology Learning, 1(1), 9–15. https://doi.org/10.32585/.v1i1.246

Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).

Hu, M., ALfian Hadi, Y., Jauhari, S., & Huri, H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Student Centerd Learning (Scl) Pada Kelas V Sdn 1 Ketangga. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 294–303. https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.3045

Lestari, A. B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik ( E-LKPD ) Berbasis Web Liveworksheet di SMAN5 Metro. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi, 1(1), 39–50.

Lioba, T., Yuniasih, N., & Nita, C. I. R. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Aplikasi Liveworksheets pada Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Kebonsari 4 Malang Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 307–313. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/644

Listiani, I. (2018). Efektivitas Lembar Kerja Untuk. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35, 17–26.

Martalia, R., Prasasti, P. A. T., & Kusumawati, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Berbasis Project Based Learning dalam Menguatkan Literasi Sains pada Siswa SD. Cendekia: Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 14(02), 264–274.

Nirmayani, L. H. (2022). Kegunaan Aplikasi Liveworksheet Sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-Guru SD di Masa Pembelajaran Daring Pandemi Covid 19. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 9. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2295

Prabowo, A. (2021). Penggunaan Liveworksheet dengan Aplikasi Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(10), 383–388. https://doi.org/10.52436/1.jpti.87

Putu, N., Pratiwi, S., & Margunayasa, G. (2022). E-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Muatan IPA Materi Perpindahan Kalor Kelas V. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 100–108.

Safitri, O. N. (2022). Pengembangan Media Bahan Ajar E-LKPD Interaktif Menggunakan Website Wizer . me pada Pembelajaran IPS Materi Berbagai Pekerjaan Tema 4 Kelas IV SDN Tanah Kalikedinding II. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 86–97.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.