Penerapan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas III Di SDN Jiwan 01

Adila Dyah Purbaningrum, Fida Chasanatun, Dewi Tryanasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa dalam mata pelajaran matematika kelas 3 tema 7 subtema 3 dengan metode jarimatika di SDN Jiwan 01. Jenis penelitian di dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes (soal), wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi sumber kemudian di tarik kesimpulan dari hasil analisis. Hasil dari penarikan kesimpulan menunjukan bahwa dengan menggunakan metode jarimatika dapat meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa. Hal ini dapat terlihat dari bukti peningkatan hasil belajar dari siklus I yang semula memperoleh kategori cukup, kemudian setelah adanya siklus II memperoleh peningkatan dengan kategori baik. Penelitian dengan metode jarimatika ini terbukti dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa, melalui hasil belajar siswa baik secara individu atau secara klasikal

Keywords


Metode Jarimatika; Kemampuan Menghitung Perkalian; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ariani Yetti, Yullys Helsa, S. A. (2020). Model Pembelajaran Inovatif Untuk Pembelajaran Matematika Di Kelas IV Sekolah Dasar (1st ed.). Dwwoublish.

Aritonang, L. A., & Elsap, D. S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Metode Jarimatika. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 363. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p363-369

Hakim, D. L., & Sari, R. M. M. (2019). Aplikasi Game Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghitung Matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 129–141. https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4860

Hardiyanti, S., Maulana, M., & Julia, J. (2017). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbantuan Jarimatika Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Keterampilan Berhitung Siswa Pada Materi Perkalian. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 881–890.

Khasanah, A. U. (2000). PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN KELAS 2 SDN SUKOREJO.

Malasari, N., & Hakim, A. R. (2017). Pengembangan Media Belajar pada Operasi Hitung untuk Tingkat Sekolah Dasar. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 11. https://doi.org/10.30998/jkpm.v3i1.1911

Masruni, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Fun Teaching Mengguanakan Jarimatika Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Perkalian 1-10 Siswa Kelas Iv Sdn 42 Ampenan Tahun Pelajaran 2018/2019. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2). https://doi.org/10.33394/realita.v5i2.4105

Salsinha, C. N., Binsasi, E., & Bano, E. N. (2019). Peningkatan kemampuan berhitung dengan metode jarimatika di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Neonbat Nusa Tenggara Timur. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 73–84. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1302

Syamsuddin, A., & Lukman, A. (2019). Jurnal Riset Pendidikan Dasar THE USE OF “ COMPACT C OUNTING ” EDUCATIONAL MEDIA AND ITS IMPACTS ON PRIMARY SCHOOL STUDENTS „ S COUNTING ABILITY. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 02(1), 1–8.

Wijaya, R., & Yadewani, D. (2022). Pelatihan Perkalian Bilangan Dasar Dengan Metode Jarimatika : Belajar Menjadi Menyenangkan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.54099/jpma.v1i2.92


Refbacks

  • There are currently no refbacks.