Penerapan Metode Listening Team Berbantuan Media Papan Origami untuk Meningkatkan Keterampilan Menganalisis Unsur-Unsur Intrinsik Cerita Pendek pada Siswa Kelas IV

Dewi Fortuna, Cerianing Putri Pratiwi, Heny Kusuma

Abstract


Riset ini bertujuan mengetahui penerapan metode listening team berbantuan media papan origami dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) danmengikuti model Kurt Lewin yang terdiri dari perencanaan, aksi atau tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terbagi menjadi 2 siklus, yaitu siklus pertama dan siklus kedua dengan masing-masing siklus 1 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Sumberejo 02 berjumlah 16 siswa. Peneliti bertindak sebagai observer yang terjun langsung ke lapangan untuk mengobservasi jalannya pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru kelas. Hasil perolehan nilai hasil belajar siswa pada prasiklus yang memperoleh perhitungan presentase 87,50% (14 siswa) yang berarti 14 siswa nilainya masih dibawah 75 dan hanya 2 siswa yang sudah memenuhi KKM. Pada siklus I nilai hasil belajar sudah mengalami sedikit kemajuan yaitu pada angka presentase 37,5% (6 siswa) sedangkan 62,5% (10 siswa) lainnya belum memenuhi KKM. Berlanjut pada siklus II presentase siswa yang memenuhi KKM sebesar 87,50% (14 siswa) dan tersisa 12,50% (2 siswa) yang belum memenuhi KKM. Dengan demikian penerapan metode listening team berbantuan papan origami dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan keterampilan menganalisis unsur-unsur intrinsik terlihat dari peningkatan hasil belajar disetiap siklusnya.


Keywords


PTK; Listening Team; Hasil belajar; Proses Belajar

Full Text:

PDF

References


Akhir, M., Agus, M., & Sanytiara, W. (n.d.). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAKAPIN (PAPAN KANTONG PINTAR) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA.

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Memorata, A., & Santoso, D. (2016). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR MERAKIT PERSONAL KOMPUTER MENGGUNAKAN STRUCTURED DYADIC METHODS (SDM).

Siregar, R. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA MENGGUNAKAN MODEL TIME TOKEN PEMBELAJARAN IPS KELAS V SEKOLAH DASAR.

Pujimulyati, N. N. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita) Peserta Didik Kelas V Semester Dua Tahun Pelajaran 2018/2019 Dengan Menerapkan Model “Listening Teams (Tim Pendengar) Di SD Negeri 7 Cakranegara.”6(1).

Setyosari, P. (2017). MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF DAN BERKUALITAS. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020

Wijaya, K. P. (2017). UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK.

Wijayati, W., & Pd, S. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022.

Yona, M. O., Erita, Y., & Khaira, U. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL LISTENING TEAM MATA PELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5486–5496. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8929


Refbacks

  • There are currently no refbacks.