Analisis Kebutuhan Pengembangan E-LKPD Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Devita Sabrina Ayunani, Candra Dewi, Nur Samsiyah

Abstract


Kemampuan siswa dalam pemahaman konsep matematis pada materi pengolahan data masih rendah. Penelitian ini mengidentifikasi beberapa faktor yang menyebabkan kurangnya dukungan dalam proses belajar siswa di sekolah dasar pada materi pengolahan data. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran yang lebih baik dalam mendukung proses belajar siswa di sekolah dasar. Jenis penelitian ini ialah Research and Development dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Penelitian dilakukan di SDN Selopuro 1 Ngawi dengan mengumpulkan data melalui angket dan wawancara kepada siswa dan guru kelas 5. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat kurangnya inovasi dalam metode dan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Selain itu, juga terlihat kurangnya variasi dalam penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Berdasarkan analisis kebutuhan media pembelajaran, ditemukan bahwa guru dan siswa membutuhkan media pembelajaran yang lebih beragam dan inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Keywords


Pengembangan; E-LKPD; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Dilla, W. P. (2023). Analysis of Learning Media Needs in Elementary Schools in Palangka Raya. Sangkalemo : The Elementary School Teacher Education Journal, 2(1), 24–29. https://doi.org/10.37304/sangkalemo.v2i1.7611

Engelbrech, J., Llinares, S., & C. Borba, M. (2020). Transformation of the mathematics classroom with the internet. Special Issue of ZDM Mathematics Education, 52, 825–841.

Hermansyah. (2020). Problem Based Learning in Indonesian Learning. SHEs: Conference Series, 3(3), 2257–2262.

Husna Nur, D. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, 1. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 2549–3906.

Midiyanto, V. F. F., & Hunaifi, A. A. (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran untuk Siswa SD Kelas IV pada Materi Pecahan.

Nafiah, M., Retno, R. S., & Dewi, C. (2022). Penerapan Media Pembelajaran PPT Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif erhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika, 2(2).

Purbasari, A. H., Dewi, C., & Mursidik, E. M. (2022). Implementasi E-modul “Kayanya Negriku” Berbasis Flipbook Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Rahmadani, H., Roza, Y., & Murni, A. (2018). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Berbasis Teknologi Informasi (TI) di SMA IT Al Bayyinah Pekanbaru. 1(1).

Rapih, S., & Sutaryadi. (2018). Perpektif guru sekolah dasar terhadap Higher Order Tinking Skills (HOTS): Pemahaman, penerapan dan hambatan. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 78–87. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2560

Rori Maulia, A., Muhammad Jaya, A. P., & Lazim, N. (2020). Penggunaan Media POP-UP BOOK Dalam Pembelajaran Tematik-Integratif (Tema Mitigasi Bencana). JOM FKIP, 7(1). https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/download/27125/26136

Seman, S. C., Wan Mazwati Wan, Y., & Embong, R. (2017). Teacher’s Challenges In Teaching And Learning For Higher Order Thinking Skills (HOTS) In Primary School. International Journal of Asian Social Science, 7(7), 534–545. https://doi.org/10.18488/journal.1.2017.77.534.545

Sri, S., Harmanto, Zaenal, A., & Jaino. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Tematik Terpadu Mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Dan Literasi Siswa SD Di Kota Semarang. Jurnal Kreatif, 9(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/view/16503/8394

Yestilia, A., Rendy Wikrama, W., & M. Lutfi, F. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Konteks Sel Surya Materi Teknologi Ramah Lingkungan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 976–982.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.