Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Siswa SDN Kertosari 02

Ardila Dwi Oktavia, Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta, Eka Nofri Ari Yanto

Abstract


Kemampuan hasil belajar siswa yang masih rendah di slah satu SDN Kertosari 02. Hal tersebut terjadi karena kurangnya keterkaitan siswa pada proses pembelajaran yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang salah. Salah satunya dapat dilakukan dengan penerapan model pembeljaran AIR ini akan memudahkan siswa dalam proses pembelajaran serta siswa akan lebih aktif mengikuti pembelajaran dibandingkan dengan penggunaan metode ceramah yang sering dilakukan guru. Pembelajaran tematik inovasi pembelajaran yang menjadi contoh jenis dari model pembelajaran terpadu. Model pembelajaran AIR ini jga akan bermanfaat untuk pendidik guna untuk mendorong siswa untu lebih aktif dan berfikir kritis dalam proses belajar mengajar berlangsung. Tujuan penelitian untuk mengetahui model penerapan pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik siswa SDN Kertosari 02. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang direalisasikan sebanyak dua siklus pengumulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Dokumentasi, Tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa dapat meningkat setelah penerapan model pembelajaran Auditory Intelectually Repetition (AIR) yang dilaksanakan selama II siklus.


Keywords


Hasil Belajar; Auditory Intellectually Repetition (AIR); Tematik

Full Text:

PDF

References


Hermin Tri Wahyuni, Punaji Setyosari, D. K. (2016). 287323384. Edcomtech, 1, 129–136.

Nahak, K. E. N., Degeng, I. N. S., & Widiati, U. (2019). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(6), 785. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12527

Nurrita. (2018). Kata Kunci : Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(6), 1139–1148.

Krisnayanti, I. G. A. A. H., & Wijaya, S. (2022). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Mata Pelajaran Science Sekolah XYZ. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2), 1776–1785. https://doi.org/10.58258/jime.v8i2.3313

Linawati, Zainuddin, & Suryani. (2013). Penerapan Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(7), 1–8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.