Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKDP) Digital Berbasis Karakter untuk Pembelajaran Bahasa Jawa Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar

Ika Rahayu Yadita, Cerianing Putri Pratiwi, Heny Kusuma Widyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) keadaan LKPD dan kebutuhan LKPD di sekolah dasar, dan 2) pengembangan LKPD untuk keterampilan berbasis karakter dalam pembelajaran bahasa Jawa. Model Brog and Gall digunakan dalam proses penelitian dan pengembangan (misalnya, penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan produk awal, uji lapangan awal, revisi produk utama, uji lapangan utama, revisi produk akhir, diseminasi, dan sebagainya. Model pengembangan yang digunakan peneliti mengalami perubahan di berbagai bidang seperti penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, desain produk, penyempurnaan produk akhir, dan validasi produk. Partisipan dalam penelitian ini adalah 25 siswa kelas IV SD Negeri 02 Pandean di Kota Madiun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) media yang dikembangkan berupa LKPD digital untuk siswa kelas IV mengikuti model Brog-and-Gall, dan 2) media yang dikembangkan sangat bermanfaat.


Keywords


LKPD Digital; Berbasis Karakter; Bahasa Jawa; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Sudiono, E. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Berasarkan Analisis Newman. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3), 295-302.

Handayani, T., & Hangestiningsih, E. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Penggunaan Bahasa Jawa Siswa Di Sd Karangmulyo Yogyakarta. Trihayu, 4(3), 259013.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas Xi. Jurnal Media Infotama, 14(1).

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95-105.

Arafik, M., & Rumidjan, R. (2017). Profil Pembelajaran Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(1), 55-61.

Murniyetti, M., Engkizar, E., & Anwar, F. (2016). Pola Pelaksanaan Pendidikan Karakter Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2).

Ningsih, T., Zamroni, Z., & Zuchdi, D. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 8 Dan Smp Negeri 9 Purwokerto. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(2), 225-236.

Renata, R., Kristiawan, M., & Pratami, F. A. R. (2017, December). Perbincangan Pendidikan Karakter. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 327–333.

Rahmawan Putra, D., & Adhi Nugroho Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta, M. (2016). Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahan Jasa Developing Android Based Educational Game As A Means Of Accounting Learning On Service Company Adjusting Journal Material Oleh. In Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia: Vol. Xiv (Issue 1).

Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2019). E-Modul Etnokontruktivisme: Implementasi Pada Kelas V Sekolah Dasar Ditinjau Dari Persepsi, Minat Dan Motivasi. Jtp-Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 165-177.

Siti Kusnul Khotimah, A. D. Y. C. I. R. N. (2017). Pengembangan E-Lkpd Matematika Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter (Ppk) Kelas V Sd. Hanafi, 4(2).

Sujatmiko, I. N., Arifin, I., & Sunandar, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Di Sd. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8), 1113-1119.

Pratiwi, C. P. (2018). Penerapan Media Warek (Wayang Karakter) Untuk Menumbuhkan Nilai Religius Pada Pembelajaran Menyimak Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 8(1), 65-76

Pratiwi, V., & Puspitaningtyas, A. R. (2019, November). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Audio Sebagai Media Alternatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 2 Sdn 1 Kilensari Panarukan Situbondo. In Conference On Innovation And Application Of Science And Technology (Ciastech) (Vol. 2, No. 1, Pp. 141-150).

Haryati, S. (2012). Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 15.

Syarifah, N. D., Suyanti, S., & Widyaningrum, H. K. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Wayang Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN 04 Madiun Lor. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 985-990.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.