Efektifitas Model Problem Based Learning Terhadap Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar

Fiina Nur Hayati, Dian Nur Antika Eky Hastuti, Maya Kartika Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini yakni menentukan bagaimana pengaruh model problem based learning terhadap pembelajaran tematik Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan atau bertempat di SDN 03 Madiun Lor. Model penelitian ini adalah quasi experimen dengan desain penelitian randomyzed control group only design. Subjek yang diteliti adalah peserta didik kelas V di SDN 03 Madiun Lor. Instrumenn yang digunakan adalah soal pilihan ganda untuk mengukur kemampuan siswa yang didapatkan siswa sebelum dan sesudah diberikan treatmen. Penelitian ini menggunakan uji t untuk menganalisis data dan menemukan bahwa hasil thitung (13,547) lebih besar dari ttabel (2,024). Hasil pengujian keputusan menunjukkan bahwa hipotesis diterima jika thitung lebih besar dari ttabel dan apabila thitung kurang dari ttabel maka hasiknya ditolak. Dengan demikian, penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap pembelajaran tematik di sekolah dasar.

Keywords


Problem Based Learning; Pembelajaran Tematik; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230

Carolus Borromeus Mulyatno. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Daulay, U. R., & Harahap, R. (2020). Penerapan Pembelajaran Konstruktivisme Gagnon & Collay Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Proposal Kelas XI SMA. Kode: Jurnal Bahasa, 9(4), 134–140. https://doi.org/10.24114/kjb.v9i4.22045

GUMILANG, J. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd Negeri 1 Gondang. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 1(2). https://doi.org/10.29100/eduproxima.v1i2.1112

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Kurniasari, D. I., & Nugroho, A. A. (2023). Penerapan model discovery learning berbantu media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas v tema 1 sdn waru tahun ajaran 2022/2023. 5(024).

Lestari, D. G., & Irawati, H. (2020). Literature Review : Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Siswa Pada Materi Biologi Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry. Bioma, 2(2), 51–59.

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika PembelajarMansyur, Abd Rahim. “Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia.” Education and Learning Journal 1, no. 2 (2020): 113.an Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113.

Pamungkas, W. A. D., & Koeswanti, H. D. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 346–354. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.41223

Publikasi, M., Bidang, P., Dasar, P., Ayuningsih, D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan. 5(2), 924–932.

Rosnaeni, R., & Prastowo, A. (2021). Kendala Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid -19 : Kasus di SDN 24 Macanang Kabupaten Bone. Jurnal Basicedu, 5(4), 2241–2246.

Yonanda, D. A., Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2019). Development of Problem-Based Comic Book as Learning Media for Improving Primary School Students’ Critical Thinking Ability. Mimbar Sekolah Dasar, 6(3), 341–348. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i3.22892


Refbacks

  • There are currently no refbacks.