Penggunaan Media Cerita Gambar Berseri Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Sekolah Dasar

Ita Dwi Setyaningrum, Sri Lestari, Suyanti Suyanti

Abstract


Tahapan pertama memasuki sekolah dalamsetiap manusia diwajibkan dalam hal membaca. Membaca sangatlah penting bagi diri seseorang, dalam membaca seseorang bisa memiliki wawasan yang luas, pengetahuan dan informasi yang luas. Membaca  permulaan adalah suatu proses yang melibatkan wawasan. Kegiatan membaca bertujuan untuk awal pengenalan dan pemahaman huruf abjad yang digabungkan dalam satu kata untuk menjadi kalimat yang utuh agar bisa dipahami oleh karena itu guru harus bisa memahami kebutuhan siswa dalam proses membaca permulaan. Pentingnya pengajaran membaca sejak kelas rendah yaiu untuk membiasakan siswa dalam kegiatan membaca supaya tidak ketinggalan informasi atau pengetahuan. Penulis artikel ini menggunakan studi literature yang mana dalam penyelesaian tugas ilmiah ini, penulis mengumpulkan artikel dari berbagai sumber dengan topik dan pembahasan yang sesuai dengan judul yang diambil. Media cerita gambar berseri terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II sekolah yaitu (1) siswa lebih tertarik dengan adanya media gambar (2) siswa menjadi semangat untuk belajar membaca ketika mendapatkan media cerita gambar berseri (3) siswa lebih paham dengan adanya media cerita gambar berseri tersebut (4) setelah melakukan tes evaluasi pada akhir belajar membaca permulaan menggunakan media tersebut, siswa ketika diberikan pertanyaan banyak yang bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Keywords


Membaca; Cerita Gambar Berseri; Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


tar Pustaka

Rumidjan, Rumidjan, Sumanto, S., & Badawi, A. (2017). Pengembangan Media Kartu Kata Untuk Melatih Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 Sd. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 62–68. https://doi.org/10.17977/ um009v26i12017p062

Amalia, F. N. (2017). Kemampuan membaca pemahaman mahasiswa. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sriwijaya, 1, 42–54.

Aprilia, Susanti., S. H. (2017). Penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN Tambak Kemeraan Kecamatan Krian. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–11.

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33

Azis, S. A., Guru, P., Dasar, S., & Makassar, U. M. (2017). Efektifitas Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerita Siswa Kelas Iii Kabupaten Barru. 374–387.

Kusmayanti, S. (2019). Membaca Permulaan Dengan Metode Multisensori. Jurnal Pendidikan Universitas Garut Fakultas Pendidikan Islam Dan Keguruan Universitas Garut ISSN: 1907-932X Membaca., 13 No 01(Membaca Permulaan Dengan Metode Multisensori), 225–226. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/832

Minarsih, L., & Damayanti, maryam isnaini. (2018). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PETUNJUK DI KELAS III SDN BABATAN 1 SURABAYA Lilik Minarsih Abstrak. Jpgsd, 06(12), 2276–2285.

Nafisa, K., Al Fuad, Z., Cut, D., Program, M., Guru, P., Dasar, S., Bina, S., Getsempena, B., & Aceh, B. (2020). Pengembangan Media Pop Up Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sd. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).

Oktadiana, B. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas II pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 5(2), 143–164. https://doi.org/10.19109/jip.v5i2.3606

Pratiwi, C. P. (2020). ANALISIS KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR: STUDI KASUS PADA SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE

Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan Di Kelas Satu Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 69–76. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p069

Rafika, N., Pgri, U., & Kartikasari, M. M. (n.d.). Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 2020. http://prosiding. unipma.ac.id/index.php/KID

Toding Bua, M., Santoso, A., & Hasanah, M. (2016). Analisis Minat Membaca Permulaan Dengan Cerita Bergambar Di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 2(1), 1749–1752.

Veronica, E. (1967). Pengaruh Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Di Sekolah Dasar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Desi, Wulandari. 2021. Penggunaan Media Pembelajaran Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik. Diss. Uin Raden Intan Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.