Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Preassure Hunt dengan Media PPT Siswa kelas V SDN 05 Madiun Lor

Erwin Syaifurrohman, Octarina Hidayatus Sholihah, Sri Pudjiwasti

Abstract


Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 05 Madiun Lor, penelitian ini menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pressure Hunt dengan Media PPT. Teknik penilaian Penilaian yang digunakan adalah penelitian konsentrat perbaikan ruang tunggu dengan dua siklus. Berdasarkan hasil penilaian peningkatan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Undertaking berbantuan media PPT sesuai hasil akhir konsentrat di atas, hanya 6 siswa dengan derajat 35,5% yang tuntas KKM dan 11 siswa belum tuntas pra siklus. . dengan derajat 64,7%, dan nilai normalnya adalah 76,75. Setelah siklus utama terjadi peningkatan hasil belajar, dengan 10 siswa menyelesaikan KKM dengan skor 58,8% dan 7 siswa kurang dengan skor 41,22%, dengan peningkatan reguler 88,64. Terdapat 14 siswa yang menyelesaikan siklus II dengan tingkat kesempurnaan dasar 100%, diantaranya 88,2 persen yang menyelesaikan KKM dan hanya 2 siswa yang tidak menyelesaikan dengan tingkat 11,8% dengan berlari. sebesar 99,52 untuk pengadaan pabrik. Di Kelas V SDN 05 Madiun Lor, survei ini menunjukkan bahwa media PPT dan model pembelajaran Endeavour juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 


Keywords


Hasil belajar, penelitian tindakan kelas, hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, Pressure Hunt, media PPT

Full Text:

PDF

References


Akib, H. (2010). Implementasi kebijakan: apa, mengapa, dan bagaimana. Jurnal Administrasi Publik, 1(1), 1-11.

Asvio, N. (2016). Hubungan Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Mahasiswa Semester III Program Studi Diploma III Kebidanan Stikes Prima Nusantara Bukittinggi. al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 95-108

Baharun, H. (2015). Penerapan pembelajaran active learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di madrasah. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 1(1).

Dewi, K. R., & Dharsana, I. K. (2020). Penggunaan teknik think pair share dan teknik index card match dalam lesson study mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 248-258.

Echols, J. M. (2003). dan Hasan Shadily. Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Huda, M. (2011). Cooperative learning: metode, teknik, struktur, dan model penerapan.

Hutomo, R. S. (2016). Peningkatan Aktivitas belajar dan hasil belajar ekonomi dengan metode Treasure Hunt. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 5(2), 107-113.

Jamil, S. (2009). 101 Games Cerdas & Kreatif. Jakarta: Penebar plus.

Kim, D. W., & Yao, J. (2010). A Treasure Hunt Model for Inquiry-Based Learning in the Development of a Web-based Learning Support System. J. Univers. Comput. Sci., 16(14), 1853-1881.

Purwaningsih, E., Sari, S. P., Sari, A. M., & Suryadi, A. (2020). The Effect of STEM-PjBL and Discovery Learning on Improving Students' Problem-Solving Skills of Impulse and Momentum Topic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 465-476.

Purwanto, A., Yusralaini, Y., & Susilatri, S. (2016). Pengaruh likuiditas, leverage, manajemen laba, dan kopensasi rugi fiskal terhadap agresivitas pajak perusahaan pada perusahaan pertanian dan pertambangan yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2011-2013 (Doctoral dissertation, Riau University).

Ridwan Abdullah Sani, Loc. cit.,hlm. 164.

Suhendri, H. (2011). Pengaruh kecerdasan matematis–logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1).

Maunah, B. (2009). Metodologi pengajaran agama Islam.

Uno, H. B. (2014). Model pembelajaran menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.