Pengaruh penggunaan model reciprocal teaching berbantu media pictorial riddle terhadap hasil belajar pada pelajaran tematik siswa kelas 5 SDN 02 Mojorejo

Nurul Hidayati, Heny Kusuma Widyaningrum, Maya Kartika Sari

Abstract


Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model reciprocal teaching berbantu media pictorial riddle terhadap hasil belajar pada pelajaran tematik siswa kelas 5 SDN 02 Mojorejo. litian ini menggunakan jenis penelitan kuantitatif dengan metode eksperimen. Lokasi penelitian ini akan dilakukan di SDN 02 Mojorejo yang berlokasi di Jl. Abdurrahman Saleh No.1, Mojorejo, Kec. Taman, Kota Madiun, Jawa Timur 63139. sampel dalam penelitian ini yaitu pada kelas V.A dengan jumlah siswa 27 siswa dan kelas V.B dengan jumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yakni uji normalitas, uji reliabilitas dan uji t independent. hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan model reciprocal teaching berbantu media pictorial riddle terhadap hasil belajar pada pelajaran tematik siswa kelas 5 SDN 02 Mojorejo. Darianalisis data yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa nilai sig hasil uji t independent 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima berarti ada pengaruh penggunaan model reciprocal teaching berbantu media pictorial riddle terhadap hasil belajar pada pelajaran tematik siswa kelas 5 SDN 02 Mojorejo.


Keywords


Model Recipocl Teaching, Media Pictorial Riddle, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Awaliah, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Mtsn Balang-Balang Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Jurnal Matematika dan Pembelajaran p-ISSN: 2354-6883 ; e-ISSN: 2581-172X Volume 3, Nomor 1, Juni 2015

Daryanto, & Rahardjo, M. (2020). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. (2018). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fajarwati, M. S. (2015). Penerapan Model Reciprocal teaching Sebagai Upaya meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI Akuntansi RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) Di Smk Negeri 1 Depok. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Yogyakarta

Huda, M. (2016). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Huda, M. (2016). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur Dan Model Penerapan. Yogyakarta: PustaPelajar,

Innayah, A. (2018). Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dikelas V SD Inpres Tamannyeleng Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Isjoni. (2019). Cooperative learning: Mengembangkan kemampuan belajar berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Mutimmatus, S. (2019) Pengaruh Media Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS 1 SMAN 10 Malang tahun ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu. Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia

Shophia (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantu Media Pictorial Riddle Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021 Halaman 218 -226

Solihatin, E. (2018). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara,

Sudjana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2016). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Usman, B. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta : Ciputat Prees, Zuhri, S. (2020). Pengaruh Metode Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.