Pengaruh model pembelajaran Self Directed Learning (SDL) terhadap keterampilan menulis pentigraf siswa kelas V SDN 01 Taman Kota Madiun

Fida Arfani, Raras Setyo Retno, M. Soeprijadi Djoko Laksana

Abstract


Penelitian ini ditunjukkan untuk menentukan adanya dampak model pembelajaran Self Directed Learning (SDL) terhadap keterampilan menulis pentigraf atau cerita pendek tiga bagian siswa kelas V di pelajaran bahasa Indonesia. Jenis pengujian yang dipakai dalam eksplorasi ini adalah penelitian uji coba yang valid dengan metodologi kuantitatif, dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Design. Siswa kelas V SDN 01 Taman Kota Madiun digunakan dalam populasi ini berjumlah 82 siswa. Contoh yang diambil adalah dari kelas VB dan VC yang masing-masing terdiri dari 20 siswa. Dalam ulasan ini metode pengumpulan informasi yang digunakan adalah survei, tes, dan dokumentasi. Efek samping dari tinjauan dapat beralasan bahwa t_hitung (7,6637) dan t_tabel (2,0930) diperoleh. Karena t_hitung 7,6637 ≥ t_tabel 2,0930 maka Ho diberhentikan dan Ha diakui, dengan maksud ada pengaruh model pembelajaran Mandiri Belajar (SDL) terhadap kemampuan menulis pentagraf bahasa Indonesia siswa kelas V di SDN 01 Taman Kota Madiun. Hal ini ditunjukkan dengan melihat hasil pemeriksaan posttest kelas trial yang memperoleh skor jauh lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Selain itu, penggunaan model SDL dapat lebih mengembangkan kemampuan siswa karena model ini membebaskan siswa untuk menguasai sesuai dengan kecepatan dan kemampuannya. Model ini juga mempersiapkan kreativitas siswa agar lebih bebas dan tidak bergantung pada orang lain.


Keywords


Self directed learning; keterampilan menulis; pentigraf.

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, W. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Pentigraf (Cerpen Tiga Paragraf) dengan Strategi 3M (Meniru-Mengolah-Mengembangkan) Efforts to Improve Pentigraph Writing Skills (Short Story Three Paragraphs) with a 3M Strategy (Imitate-Cultivate-Develop). JGI: JURNAL GURU INDONESIA, 2023(1), 1–14. https://doi.org/10.51817/jgi.v3i1.77

Ayu, A., Sidmewa, N., Susanti, Y., & Putra, R. A. (2021). PENGARUH MODEL SELF DIRECTED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI. In Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) (Vol. 2, Issue 3).

Handayani, N. N. L. (2017). Pengaruh model self-directed learning terhadap kemandirian dan prestasi belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP N 3 Singaraja. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1).

Hanik, E. U. (2020). SELF DIRECTED LEARNING BERBASIS LITERASI DIGITAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH IBTIDAIYAH. 8. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Limbong. Lotto, S. (2016). KEMAMPUAN MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK CERPEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 KOTA DOLOPO.

Mashura. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Strategi Copy The Master Melalui Media Audio Visual pada Siswa Kelas IX-C SMPN 2 ToliToli. In Jurnal Kreatif Tadulako Online (Vol. 4, Issue 11).

Monalisa, dan. (2022). Analisis Pemberdayaan Potensi Siswa Melalui Model Self Directed Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Oktavia, & Windy. (2019). ANALISIS KESULITAN MENULIS PUISI BEBAS.

Phi ; Salahuddin, J., Satradika, S., Purnama, D., & Pransiska, B. Y. (2020). Meningkatkan hasil belajar fisika melalui penerapan pembelajaran Self-Directed Learning (SDL). In Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan (Vol. 3, Issue 3).

Sugerman, H. A. M. (2022). Pengaruh Model Self-Directed Learning di Era Merdeka Belajar terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa SMAN 1 Dompu. http://journal.ainarapress.org/index.php/ainj

Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF.

Jannah, I. N., & Kurniawati, R. P. (2022). Self Regulated Learning Pada Gaya Belajar Kinestetik Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 276-281.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.