Pengembangan Media Kartu Augmented Reality Dengan Materi Indonesiaku Kaya Budaya Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV

Ersita Silviana, Ibadullah Malawi, Suyanti Suyanti

Abstract


Kegiatan belajar mengajar terjadi adanya interaksi antara guru dan peserta didik, dengan tujuan pembelajaran peserta didik mampu memahami materi pembelajaran. Kesesuaian sekaligus inovasi dalam media perlu diperhatikan dalam kegiatan proses belajar mengajar sehingga peserta didik tidak akan jenuh dan mampu memahami materi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kartu augmented reality dengan materi indonesiaku kaya budaya pada pembelajaran IPAS kelas IV sesuai dengan kebutuhan peserta didik akan media pembelajaran dengan meningkatkan minat serta pemahaman. Penelitian menggunakan jenis penelitian Research and Development dengan menerapkan model ADDIE. Penelitian ini melibatkan kelas IV B SDN 04 Madiun Lor sebanyak 22 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, validasi ahli materi , media, bahasa, angket respon guru, dan peserta didik. Berdasarkan hasil validasi menunjukkan ahli materi rata-rata 86,8, ahli media memperoleh rata-rata 78,5, ahli bahasa nilai rata-rata 88,7 dikategorikan layak. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media kartu augmented reality dengan materi indonesiaku kaya budaya pada pembelajaran IPAS kelas IV layak digunakan di pembelajaran sekolah dasar dan mampu mencapai tujuan penelitian.

Keywords


Pengembangan; media pembelajaran; augmented reality, IPAS.

Full Text:

PDF

References


Bursalia, H., & Yilmazb, R. M. (2019). Pengaruh aplikasi augmented reality pada pemahaman membaca siswa sekolah menengah dan belajar permanen. 95, 126–135.

Dutta, K. (2015). Augmented Reality untuk E-Learning. Journal RWTH Aachen University, 1–11.

Hasan, M., Milawati, Mp., Darodjat, Mp., & DrTuti Khairani Harahap, Ma. (2021). Makna Peran Media Dalam Komunikasi dan Pembelajaran │i MEDIA PEMBELAJARAN (1st ed.). Tahta Media Group.

Hincapie, M., Caponio, A., Rios, H., & Teknologi, I. (2011). Pengantar Augmented Reality dengan Aplikasi di Aeronautical Maintenance. 1–4. https://doi.org/10.1109/ICTON.2011.5970856

Irfansyah, J. (2017). Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Untuk Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Journal Information Engineering and Educational Technology, 01, 9–17.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. 10(Januari), 1–136.

Mukti, F. D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality ( AR ) di Kelas V MI WAHID HASYIM. Islamic Teacher Journal, 7(Juli-Desember), 299–322.

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif (P. Rais (ed.); 1st ed.). UMSIDA Press.

Pramono, A. (2013). Media Pendukung Pembelajaran Rumah Adat Indonesia. Jurnal ELTEK, 11(April), 122–132.

R. Tri, S. & S. (2019). Pengembangan Sistem Computer Based Test (CBT) Tingkat Sekolah. Journal of Business Intelligence, 2(1).

Ratminingsih, N. M., & Budasi, I. G. (2020). Media Cetak Versus Media Digital : Mana yang Lebih Efektif ? 394(Icirad 2019), 49–55.

Xin Zhang, Chengyi Wang, Huanhuan Li, Xin-Gai Wang, Ya-Nan Chen, Zhaojun Xie, Z. Z. (2018). High performance Li-CO2 batteries with NiO-CNT cathodes Xin. Journal of Materials Chemistry A, 1–6. https://doi.org/10.1039/C7TA11015D


Refbacks

  • There are currently no refbacks.