Analisis critical thinking siswa dalam menyelesaikan soal cerita bilangan pecahan

Putri Mei Andriani, Fida Rahmantika Hadi, Lingga Nico Pradana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca siswa pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Tempat penelitian ini dilakukan di SDN Klumutan 02 Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun. Dalam melakukan penelitian metode yang digunakan yaitu kualitatif dimana peneliti ingin menganalisis dengan cara meggunakan Studi Kasus dan mengkaji fenomena-fenoma tentang Kemampuan Berpikir Kritis yang pernah tejadi serta bagaimana perkembangan terhadap siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan diperkuat dengan wawancara, nantinya dilakukan dengan cara meminta siswa memahami soal cerita pecahan pada kelas IV. Hasil dari penelitian S1 dan S2 berbeda–beda , pada S1 indikator berpikir kritis tidak lengkap dan tidak berulang. Karena Berpikir kritis tidak memunculkan semua aspek dan alur yang berulang. Dan sedangkan pada S2 indikator berpikir kritis tidak lengkap dan berulang karena dalam indikator tidak memunculkan semua aspek dan alur berulang atau mengulangi kembali aspek dalam indikator berpikir kritis yang sama.

Keywords


Berpikir Kritis; Pecahan; Matematika

Full Text:

PDF

References


Adinda, A. 2016. Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Logaritma. Ahmad Susanto, Perkembangan anak Usia Dini, (Jakarta: Kencana, 2011), hal. 59 Alghafri, A.S.L. & Ismail, H.N.B. 2014. “The Effects of Integrating Creative and

Critical Thinking on Schools Students’ Thinking”. International Journal of Social

Science and Humanity. 4 (6): 518-525.

Amsari, D, (2018). Inmplikasi Teori Belajar E.Toendike (Beavioristik) Dalam

Pembelajaran Matematika. Jurnal Basicedu, 2(2), 52-60.

Anike Putri, “Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kelas VIII

Materi Bangun Ruang Sisi Datar”, Jurnal, Print ISSN: 2614-6754, Online ISSN:

-3097, Vol 2, No 4, 2018, hal.797

Arikunto, Prosedur Penelitian, (Cetakan Ketujuh.Jakarta: Rineka Cipta 2010), hal.13 Arifani, N. H., As’ari, A. R., & Abadyo, A. (2017). Proses Berpikir Siswa Kelas VIII

dalam Menyelesaikan Soal Matematika Timss Materi Besar Sudut dalam Bentuk Geometris. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 946– 954.

As’ari, A. R., & Irawan, E. B. (2016). Variasi Konstruk dalam Pembelajaran Matematika. Malang: Bintang Sejahtera

As’ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, I. (2017). Buku Guru Matematika (Revisi). Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Asri Budiningsih, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2005), hal. 35

Ayu Imamatul Muslimah. (2020) Analisis Berpikir Kritis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Ditinjau Dari Gaya Belajar. Vol.11, No.2, hal. 50-

Ary Woro Kurniasih. (2012). SCAFFOLDING SEBAGAI ALTERNATIF UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA. Jurnal Kreano. Volume 3 Nomor 2, Desember 2012. Hal 113

Arni Pebriyanti , Martin Bernard , M. Afrilianto. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII BERBANTUAN VISUAL BASIC APPLICATIONFOR EXCELPADA MATERI PECAHAN. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Volume 6, No. 1, Januari 2023

Barry, M. 2012. What skills will you need to succeed in the future? Phoenix Forward (online).Tempe, AZ, University of Phoenix.

Bonnie dan Potts. 2003. Strategies for Teaching Critical Thinking. Practical Assesment, Research & Evaluation.http://www.edresearch.org/pare/getvn.asp?v=4&n=3.

B.E.F Montolalu, dkk, Bermain dan Permainan Anak, (Jakarta Universitas Terbuka 2008), hal. 14.

Budhayanti, dkk. 2008. Pemecahan Masalah Matematika. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Bestiyana, R. A., & Wijayanti, P. (2018). PROFIL BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING MATEMATIK DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER- VERBALIZER. MATHEdunesa, 7(1), 101–108.

Chukwuyenum, A. N. (2013). Impact of critical thinking on performance in mathematics among senior secondary school students in Lagos State. IOSR Journal of Research & Method in Education, 3(5), 18–25.

Cahaya, K. P., (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaranproblem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 04, No. 02, November 2020, pp. 711-723

Dores, J. O., Dwi Cahyadi Wibowo, Susi Susanti. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. VOL 2 No.2 November 2020. Hal:242.

Ennis, R. H. (1996). CRITICAL THINKING DISPOSITIONS: THEIR NATURE AND ASSESSABILITY. INFORMAL LOGIC, 18(2), 165–182. https://doi.org/10.22329/il.v18i2.2378.

Eggen, P., & Don, Kauchak. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks

Ennis, R.H. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical ThinkingDispositions and Abilities. This is a Several-Times-Revised Version of a Presentations at the Sixth International Converance on Thinking at MIT. Cambridge.

Facione, P. A., Sánchez, C. A., Facione, N. C., & Gainen, J. 2010. The disposition toward critical thinking. Journal of General Education, 44 (1), 1-25.

Frydenberg, M., & Andone, D.2011.Learning for 21 st Century Skills, 314–318. Garnison. D. R., Anderson, T. & Archer, W. 2001. Critical Thinking and Computer Conferencing: A Model and Tool to Assess Cognitive Presence.

http://communitiesofinquiry.com/documents/ CogPres_Final.pdf.

Gazali, M 2017. PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS JURNAL PENELITIAN

DAN PENILAIAN PENDIDIKAN, 2(2),274-289

Halim, A. (2022). KEMAMPUAN ABAD 21. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3,

–418.

Hikmah Nuul, Kartika. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI PECAHAN, Journal of Mathematics Education and Applied. Vol. 04, No.01, pp.88-94, November 2022

Hartini. 2008. Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Pada Kompetensi Dasar Menemukan Sifat Dan Menghitung Besaran-Besaran Segi Empat Siswa

Kelas VII Semester II SMP It Nur Hidayah Surakarta tahun pelajaran 2006 /2007.

Tesis. Universitas Sebelas Maret

Hani, N, F,.2015. Tenaga Kerja Idonesia Terancam

Robot.https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150406170255-199-

/tenaga-kerja-indonesia-terancam-robot/.

Heruman. 2014. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya

Indri Istiqomah, dan Nelly Zakiyah. 2015. Analisis Kesalahan Siswa Dalam

Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pecahan Kelas IV SD Tahun Pelajaran 2015/2016 di SD Negeri 1 Banjar Bali. Vol. 8. 187923-ID-analisis-kesalahan- siswa-mengerjakan-soal-cerita.pdf di akses pada tanggal 28 Februari 2019 di jam 10.30 Wib

Indah Suciati. 2018. Analisis KesalahanSiswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas VII SMPN Pengawu. (Online),Vol.1,No.1,(https://ejournals.umma.ac.id/index.php/equals/article/view/ 60, diakses 29 Januari 2020)

Johnson, E. 2006. Contextual Teaching and Learning. Bandung: MLC.

Keen AChroni, Mengoptimalkan Tumbuh Kembang ANak melalui Permainan,

(Yogyakarta: Javaliterasi, 2012), hal. 15.

Khairani Astri, E., Siburian, J., & Hariyadi, B. (2022). PENGARUH MODEL PROJECT

BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERKOMUNIKASI PESERTA DIDIK. Biodik, 8(1), 51–59. https://doi.org/10.22437/bio.v8i1.16061

Lambertus. (2019). Pentingnya melatih keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika di sd. 136–142

Latifa, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar : Masalah dan Perkembangannya. Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 185-196.

Lucia. 2010. Belajar dengan Heboh. Yogyakarta: G-Media

Mutia, W. S., & Mulyawati, I. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG MELALUI ANIMASI POWER POINT TERHADAP SISWA KELAS V SDN PARUNG PANJANG 06. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 351–360. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1514

Muslimah, dkk, (2020). ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PECAHAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Vol.11, No.2 , hal. 51, 2020

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. (Bandung: Remaja Rosdakarya. 2008). hal.4

Patricia,C. S. 2010. Thinking Critically. Journal Aorn Volume 91No 2. Hlm. 197-199. Pitadjeng. 2006. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Departemen

Pendidikan Nasional

Putri, F. M., Susanti, E., Kritis, K. B., & Matematika, P. (2018). Kemampuan berpikir

kritis matematis siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan teori apos.

–11.

P21. 2007a. the Intellectual and Policy Foundations of the 21st Century Skills

Framework.Washington DC: Partnership for 21stCentury Skills.

P21. (2014). Learning for the 21st Century: A Report and MILE Guide for. Retrieved

from http://www.21stcenturyskills.org

Peter, E. E. (2012). Critical thinking: Essence for teaching mathematics and mathematics

problem solving skills. African Journal of Mathematics and Computer Science

Research, 5(3), 39–43.

Ryan D.,S.2015. How Critical Is Critical Thinking?.Michigan State University:East

Lansing.Redecker, C., et al. 2011.The Future of Learning: Preparing for Change. Luxembourg:Publications Office of the European Union.

Richard,P &Linda,E. 2012.Critical Thinking: Competency Standards Essential to the Cultivation of Intellectual Skills, Part 5. Journal of developmental education Volume 36, Issue 1.

Rahardjo, Marsudi dan Astuti Waluyati. 2011. Modul Matematika SD Program Bermutu. Yogyakarta.

Rini, Yulia, fauzi dan awaluddin. 2017. Analisis Kesalahan Siswa Mengerjakan Soal Matematika di Kelas V Sdn 37 Banda Aceh. Vol 2. No. 1. https://media.neliti.com/media/publications/187923-ID-analisis-kesalahan-siswa- mengerjakansoa.pdf di akses pada tanggal 25 Februari 2019 di jam 14.50 wib.

Roebyanto, Gunawan. 2009. Pecahan Masalah Matematika. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pelajaran. Jakarata: Kencana

Singh, R. & Gupta, M.P. 2017. “Comprehensive Assessment of Student Outcomes in Various Learning areas of 5th Graders in Mathematics”. Imperial Journal of

Interdisciplinary Research (IJIR). 3 (6): 679-686.

Snyder, L. G., &Snyder, M. J. (2008). Teaching critical thinking and problem solving

skills. The Journal of Research in Business Education, 50(2), 90.

Soemiarti dan Patmonodewo, Pendidikan Anak Pra Sekolah, (Jakarta: Rineka Cipta,

, hal. 20.

Sri Lestari, Aktivitas Cerdas Mengisi Kegiatan PAUD, (Yogyakarta: Platinum, 2012) Suciati, Indah dan Dewi Sri Wahyuni. 2018. Analisis Kesalahan Siswa Dalam

Menyelesaikan Soal Matematika Pada Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN Pengawu, Vol 11 No. 2. Jurnal.untirta.ac.id di akses hari senin 21 Januari 2019 jam 12.30 Wib.

Suyadi, Psikologi Belajar PAUD, (Yogyakarta: Pedagogia, 2010), hal. 285

Sa, H., Islamiah, R., Evasufi, L., & Fajari, W. (2022). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK : Literature Review. 1(2), 148–157.

Sirait, ED (2019), PENGARUH GAYA DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SAP (susunan artikel pendidikan), 4(1).

Tanti Anggiasari,dkk,”Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA di Kecamatan Kalidoni dan Ilir Timur II”, Jurnal,Vol.7, No.2, Oktober 2018, hal.185

Tilaar H.A.R. (2011). Pedagogik Kritis, Perkembangan, substansi, dan Perkembangannya di Indonesia.Jakarta: Rineka Cipta.

Trilling, B. and Fadel, C. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco: Calif., Jossey-Bass/John Wiley & Sons, Inc.________________. 2016. Kualitas Tenaga Kerja Terancam.

https://www.pressreader.com/indonesia/kompas/20161004/281496455782227.

Wagner, T. 2010. Overcoming The Global Achievement Gap (online).Cambridge,

Mass:Harvard University.

Waraporn, B, W., Kowat Tesaputa&Sri, A. 2017. Program Development for Primary

School Teachers‟ Critical Thinking.International Education Studies; Vol. 10, No.

; 2017 Published byCanadian Centerof Science and Education.

Wina,S. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group.

Widyapuraya, N. W., Suryana, A. L., & Wilujeng, I. (2023). Profile of Critical Thinking

Skills of Junior High School Students. 9(3), 1368–1374.

https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.1723

Winda Gunarti, Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Usia Dini,

Jakarta; Universitas Terbuka 2008, h. 10

Wibowo, Dwi Cahyadi dkk. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Volume: 5 No. 1. Jurnal Ilmiah Aquinas, 155. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/index .

Yasushi,G. 2016. Development of Critical Thinking with Metacognitive Regulation.International Conference on Cognition and Exploratory Learning in Digital Age (CELDA 2016).Niigata University.

Y.D. Sumanto, dkk. 2008. Gemar Matematika Untuk Kelas 5 SD-MI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, hal. 107

Yoseffin Dhian Crismasanti dan Tri Nova Hasti Yunianta, Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII Melalui Tipe Soal Open-Ended Pada Materi Pecahan, (Universitas Satya Wacana,Juni 2017), Jurnal, Vol.33, No.1, hal.77

Yoseffin Dhian Crismasanti dan Tri Nova Hasti Yunianta, Deskripsi...,hal.77 Daftar isi Syamsinar, S., Ali, S., & Arsyad, M. (2023). Pengaruh Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik di SMA Negeri 2 Gowa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 322–331.

https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2327


Refbacks

  • There are currently no refbacks.