Analisis penggunaan buku cerita bergambar untuk mengetahui peningkatan minat literasi pada pembelajaran bahasa indonesia kelas V SDN Kedungjati

Inggit Prahasiwi, Fauzatul Ma'rufah, Eka Nofri Ari Yanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar pada pembelajaran Bahasa Indonesia.Adapun fokus pada penelitian ini diantaranya adalah 1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 2) Minat membaca siswa 3) Buku cerita bergambar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, adapun objek penelitian SDN Kedungjati Madiun. Subjek penelitian ini adalah 1) Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan buku cerita bergambar 2) Peserta didik kelas V 3) Guru kelas V. Jenis penelitian yang diguanakn adalah studi kasus karena mengkaji fenomena secara menyeluruh dan menyeluruh dalam kondisi kehidupan nyata, dengan menggunakan berbagai sumber dataTeknik pengumpulan data yaitu teknik angket dan wawancara. Alat pengumpul data adalah lembar angket dan pedoman wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki minat membaca yang tinggi pada saat pembelajaran bahasa indonesia menggunakan media buku cerita bergambar. Hal ini dibuktikan dengan cukup banyak siswa yang memiliki minat membaca dalam kategori tinggi. Adanya ketertarikan membaca, secara otomatis siswa semakin sering intensitas membacanya. Meningkatnya minta membaca ini, siswa juga mampu meningkatkan keterampilannnya, misalnya keterampilan berbahasa.


Keywords


Buku cerita Bergambar, Minat Literasi Baca, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Adipta, H., Maryaeni, & Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar sebagai Sumber Bacaan Siswa SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 989–992.

Aditya Pratama. (2020). Angka Pengangguran Capai 9,77 Juta Orang, Terbanyak Usia 15-24 Tahun. Okezone.com. edisi Rabu 02 Desember 2020. Akses 03 Desember 2020.

Aidha, Z., & Tarigan, A. A. (2019). Survey Hipertensi Dan Pencegahan Komplikasinya Di Wilayah Pesisir Kecamatan Percut Sei Tuan Tahun2018. JUMANTIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Kesehatan), 4(1), 101. https://doi.org/10.30829/jumantik.v4i1.4128

Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

Maharani, O. D. (2017). Minat Baca Anak-Anak Di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(1), 320. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n1.p320-328

S Halidjah. (2019). Pemberian Motivasi Untuk Meningkatkan Kegiatan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Kependidikan, Vol. 9. No, 34–43.

Sari, R., Lestari, S., & Budiarti, M. (2020). Analisis program gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca. Prosiding Konferensi Ilmiah …, 2, 254–257.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Utami, Rizki Desta, Dwi Cahyadi Wibowo, Yudita Susanti. 2018. Analisis Minat Membaca Siswa Pada Kelas Tinggi di Sekolah Dasar Negeri 01 Belitang. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4 (1).

Wiedarti, dkk. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.