Pengembangan Media Animasi Berbasis Muvizu Pada Pembelajaran Tematik kelas II SDN 1 Gelanglor

Dina Arina Lutfiana, Hartini Hartini, Heny Kusuma Widyaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan media animasi berbasis Muvizu dalam Pembelajaran Tematik Kelas II SDN 1 Gelanglor. Penelitian akan dilakukan di SDN 1 Gelanglor pada bulan Maret hingga Juni 2023. Penelitian dan pengembangan merupakan metode penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan produk. Kajian ini mengambil acuan model pengembangan yang dikemukakan oleh Thiagarajan et al., yang mengadopsi model 4D yaitu pendefinisian, desain, pengembangan dan diseminasi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa tahun kedua di SDN 1 Gelanglor. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumen. Kelayakan produk diukur melalui evaluasi yang divalidasi oleh ahli materi, media, dan respon siswa dan guru terhadap angket. Tingkat keefektifan media animasi berbasis muvizu dalam pembelajaran topikal berdasarkan hasil dua ahli yaitu 93,00% Ahli Materi dengan kategori Sangat Layak dan 74,00% Ahli Media dengan kategori “Layak” untuk Kelayakan berdasarkan muvizu. Tingkat Respon Siswa terhadap Penilaian Tingkat Media Animasi pada Pembelajaran Mata Pelajaran mencapai persentase 92,00% dengan kategori ”sangat layak”.


Keywords


Media Animasi Berbasis Muvizu, Pembelajaran Tematik

Full Text:

PDF

References


Astutik, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Software Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Di Smk Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro: Universitas Negeri Surabaya, 5(1), 107–114.

Dr. Riduwan, M. P. M. B. A., & Dr. H. Sunarto, M. S. (2019). Pengantar Statistika untuk Penelitian (M. P. Prof. Dr. H. Akdon (ed.); Cetakan ke). ALFABETA.

Eli, R. N., & Sari, S. (2018). Pembelajaran Sistem Koloid Melalui Media Animasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 3(2), 135–144. https://doi.org/10.15575/jtk.v3i2.3713

Kadir, D. H. A., & Dr. Hj. Hanun Asrohah, M. A. (2015). Pembelajaran Tematik (2nd ed.). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Meilana, S. F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5605–5613. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2815

Nurfadhillah, S., Cahyani, A. P., Haya, A. F., Ananda, P. S., Widyastuti, T., & Tangerang, U. M. (2021). Penerapan Media Audio Visual Berbasis Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas Iv Di Sdn Cengklong 3. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 396–418. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Pradana, D., Abidin, Z., & Adi, E. (2020). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Subtema Pembentukan Karakter untuk Siswa SDLB Tunarungu. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 96–106. https://doi.org/10.17977/um031v7i22020p096

Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. 3(20), 140–146.

Prof. Dr. Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S.Pd (ed.); ke-1). ALFABETA.

Taufiq Qurrohman, Naniek Kusumawati, R. S. R. (2022). Pengembangan Media Muvizu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V Sdn Pilangbango. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 489–495.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.