Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21

Paskha Marini Thana, Sri Hanipah

Abstract


Abad ke-21 telah menghadirkan tantangan yang kompleks dan beragam di berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Pendidikan harus mengalami transformasi yang signifikan untuk menghadapi tantangan masa depan yang semakin dinamis dan mengikuti perkembangan teknologi, globalisasi, dan perubahan sosial. Oleh karena itu, transformasi pendidikan akan menjadi kunci dalam mempersiapkan generasi mendatang untuk menghadapi tuntutan jaman. Dalam proses transformasi pendidikan, sekolah dan guru memiliki peranan yang sangat penting. Sekolah Dasar sebagai lembaga pendidikan formal memiliki peran krusial sebagai tempat untuk menerapkan inovasi pendidikan dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Sementara guru sebagai garda terdepan dalam pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran perlu menghadirkan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif, membantu siswa memiliki keterampilan abad 21 serta lebih terampil dalam literasi digital. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Kampung Baru, dengan hasil penelitian yaitu secara keseluruhan, SD Inpres Kampung Baru Merauke telah berhasil dalam mengintegrasikan keterampilan abad 21 ke dalam kurikulum merdeka belajar, dan peran kepala sekolah serta guru telah berperan penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang berhasil dan bermanfaat bagi siswa.


Keywords


Transformasi pendidikan, tantangan abad 21, sekolah dasar, kurikulum merdeka

Full Text:

PDF

References


Adi, P. W., Martono, T., & Sudarno, S. (2021). Pemicu Kegagalan Pada Pembelajaran Di Sekolah Selama Pandemi Di Indonesia (Suatu Studi Pustaka). Research and Development Journal of Education, 7(2), 464-473

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110

Effendi, D., & Wahidy, D. A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 125–129.

Handayani, N. N. L. (2023). Peningkatan Literasi Digital Dan Karakter Peserta Didik Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka. Lampuhyang, 14(2), 144–159. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v14i2.354

Jayadi, A., Putri, D. H., & Johan, H. (2020). Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 Pada Aspek Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Sma Kota Bengkulu Dalam Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 25–32. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.25-32

Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63–72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Nuroh, E. Z. (2016). Pendekatan Holistik dan Kolaboratif Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 311-322.

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49-54.

Sari, A. K., & Trisnawati, W. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.179

Susilo, A., & Harsono. (2021). Pengembangan E-Modul Akuntansi Kontekstual Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Aplikatif Siswa Generasi Z. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 99–107. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.15308

Syahputra, E. (2018). Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN, 1.

Thana, P. M., Adiatma, T., & Ramli, R. B. (2022). Developing Students' 21st-Century Skills Through A Multidisciplinary Approach. Journal Of Digital Learning And Distance Education, 1(7), 277-283.

Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.