Inovasi pendampingan belajar sekolah dasar di lingkungan keluarga melalui model belajar reciprocal learning

Mimin Nurnaini Zumaroh, Sutrisna Wibawa, Supriyoko Supriyoko

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan pendampingan belajar melalui model belajar reciprocal learning di lingkungan keluarga; (2) mengetahui kelayakan model belajar reciprocal learning; dan (3) mengetahui efektivitas pendampingan belajar model reciprocal learning di lingkungan keluarga. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan. Teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi, angket, dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua wali berjumlah 16 orang di SD N Karangrejek I sebagai kelas eksperimen.  Hasil penelitian ini yaitu: (1) menghasilkan pendampingan belajar model reciprocal learning di lingkungan keluarga; (2) Berdasarkan hasil validasi oleh para ahli dan praktisi produk (model) ini dikatakan baik dari komponen angket yaitu 88,64% , kreteria sangat baik untuk komponen buku pedoman dan materi dengan masing-masing  skor 90,93% dan 93,75%. Dari ketiga komponen tersebut membuktikan bahwa produk ini layak untuk digunakan dalam kegiatan pendampingan belajar di lingkungan keluarga. Selain itu hasil peran orang tua yang menunjukkan sikap sangat setuju juga merupakan bukti bahwa model pendampingan belajar reciprocal learning ini layak diterapkan di rumah; (3) Selanjutnya berdasarkan hasil dari pre-test dan post-test pada siswa bahwa pendampingan melalui model belajar reciprocal learning ini dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pendampingan melalui model belajar reciprocal learning siswa SD di lingkungan keluarga efektif.


Keywords


Lingkungan keluarga, model belajar reciprocal learning, pendampingan belajar

Full Text:

PDF

References


Dwi, P. F. A. (2018). Pendampingan orang tua dalam proses belajar anak. Yogyakarta: Tidak diterbitkanhttps://repository.usd.ac.id/18145/2/141114056_full.pd

Ega, S.A (2017) Pendampingan Anak Dalam Keluarga di TK Pertiwi Kebasen Kabupaten Banyumas, Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5.3, h. 10.

Estidarsani, N. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Pada Siswa Kelas X Teknik Gambar Bangunan Untuk Mata Diklat Ilmu Bangunan Gedung Di Smk Negeri 5 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan, 4 (1), 7384. [19 Juli 2017]

Mulyasa, E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rokhimatul, Lutfia dkk. (2014). “Penerapan Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching)Pada Tema Pasta Di Smp Ulul AlbaB Kelas Viii B”. Prodi Pendidikan Sains FMIPA: UNESA. [30 Maret 2017]

Setyaningsih, D. K., Eka, I. K., & Badarudin. (2020). Analisis pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di sd negeri karangrena 03. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(2), 19-27.

Slavin, R. 1994. Educational Psychology,Theory and Practice. Fifth Edition.

Boston: Allyn and Bacon.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, Muhibbin. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Qomaruddin, Q. (2017). Pendampingan Orangtua terhadap Pendidikan Anak. Cendekia, 3(1), 268443.

Yasa, D. 2008. Aktivitas danPrestasi Belajar. [Online] 9 halaman. Tersedia:http://ipotes.wordpress.com/2008/05/24/restasi-belajar/ (14 Juni 2009).J. Pijar MIPA, Vol. V No.1, Maret : 24 - 28ISSN 1907-1744

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan orang tua dalam pendampingan belajar anak selama masa pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138-1150


Refbacks

  • There are currently no refbacks.