Efektivitas Model Pembelajaran Make a Match terhadap Kemampuan Penyelesaian Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)

Haliza Nur Laily Abidah, Restu Yulia Hidayatul Umah

Abstract


Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat memberikan pengaruh yang baik untuk siswa, salah satunya pada aspek penyelesaian masalah. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif jenis penelitian Pre-Eksperimental dengan design penelitian one-group pre-test post-test. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling purposive yang melibatkan kelas IV A sejumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan teknik observasi, dan tes. Berdasarkan hasil perhitungan ditemukan bahwa (1) Keterlaksanaan model pembelajaran make a match dikategorikan sangat baik dengan persentase sebesar 84,73%. Begitupun perolehan persentase aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran make a match mencapai 95,65% dengan kategori sangat baik. (2) Kemampuan penyelesaian masalah menggunakan model pembelajaran make a match meningkat dengan hasil signifikan, nilai kemampuan penyelesaian masalah lebih tinggi sesudah diterapkan model pembelajaran make a match. (3) Model pembelajaran make a match efektif dalam meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah siswa, dibuktikan dengan adanya peningkatan sebesar 0,5 yang menunjukkan pada kategori sedang.

 


Keywords


Model pembelajaran make a match, Kemampuan penyelesaian masalah

Full Text:

PDF

References


Agus Krisno Budiyanto, M. (2016). SINTAKS 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (CTL). Malang: UMM Press.

Aliputri, D. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 70–77. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1a.2351

Amalia, N. . (2013). Keefektifan Model Kooperatif Tipe Make a Match dan Model CPS terhadap kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar. Jurnal Kreano, 4(2), 151–158. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer%0Ahttp://waset.org/publications/14223/soil-resistivity-data-computations-single-and-two-layer-soil-resistivity-structure-and-its-implication-on-earthing-design%0Ahttp://www.jo-mo.com/fadoohelp/data/DotNet/Eth

Aminah, Ika Wahyuni, N. (2019). Keterampilan Dasar Mengajar. Cirebon: LovRinz Publishing.

Ermita. (2021). Make a-match : Sebuah Metode untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 429–436.

Fauhah, H., & Rosy, B. (2021). Analisis Model Pembelajaran Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334

Hanifa Isnaini, N., Akbar, B., Abdullah, S., & Susilo. (2018). Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X IPA pada Materi Perubahan Lingkungan dan Faktor yang Mempengaruhinya. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi , 2(2), 121–128. Retrieved from http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/dikbio

Indrawati, L. (2021). Penggunaan Permainan Go Back Slodor pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri Tunjung 1 Kecamatan Burneh. Jurnal Pendidikan Lampu, 7(2), 30–36.

Mahesti, A. R. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Make a Match terhadap Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas Vii Taman Dewasa Jetis. Jurnal Imiah Pendidikan Matematika, Vol.1(1), 318–322.

Nabella, Eka Safitri, Novita Oktaviani, Aziza Karenina, Ahmad Mujib, A. (2022). Validitas Modul Pesawat Sederhana Berbasis Pemecahan Masalah di Tingkat SMP/MTS. Proceeding of Integrative Science Education Seminar (PISCES), 2(1), 273–283.

Nuryadi. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Gramasurya.

Nyoman Suprapta, D. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Journal of Education Action Research, 4(3), 240–246. https://doi.org/10.23887/mpi.v1i2.30199

Prasetyoningsih, D. D. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran IPA SD. Jpgsd, 1(2), 1–14.

Purnomo, R. A. (2017). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis dengan SPSS. Ponorogo: Wade Group.

Putra, K. A. Y. D., Mertasari, N. M. S., & Sariyasa. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Tejakula Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 10(1), 10–16.

Putri, D. A., & Taufina, T. (2020). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa melalui Model Make a Match di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 610–616.

Putri Ramadhani, H. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pembelajaran IPA tentang Siklus Air melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 148–153.

Rahayu, O.-, Siburian, M. F., & Suryana, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa Kelas VII pada Konsep Pencemaran Lingkungan di MTs. Asnawiyah Kab. Bogor. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 1(1), 15. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v1i1.8080

Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., & Siregar, N. A. N. (2020). Efektifitas modul elektronik terintegrasi multiple representation pada materi ikatan kimia. Journal of Research and Technology, 6(1), 162–167.

Rukhani, S. (2021). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII. Al-Athfal, 1(1), 21–40.

Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Suhono. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Sistem Reproduksi Manusia. Solo: UNISRI Press.

Sumiantari, N. L. E., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Siswa Kelas VIII SMP. 2(1), 12–22.

Sumiatiningsih, & Efendi, N. (2021). Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran IPA Berdasarkan Peringkat Kelas. Academia Open, 5, 1–10. https://doi.org/10.21070/acopen.5.2021.2240


Refbacks

  • There are currently no refbacks.